Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

AUDIT PEMASARAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN MANAJEMEN DALAM MENGIDENTIFIKASI AREA MASALAH DAN MENENTUKAN REKOMENDASI PERBAIKAN PERFORMA PEMASARAN PADA PT. BUNGA WANGSA SEJATI BATU

Thesis Detail
Author LANY
Student's ID (NPK) A.2002.1.26855 (AKUNTANSI)
Subject PEMERIKSAAN MANAJEMEN
Keyword AUDIT PEMASARAN,PENILAIAN MANAJEMEN
Page(s) 92
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pemasaran barang atau jasa sangat mudah dilakukan oleh sebagian besar orang. Namun, pemasaran yang efektif dan efisien belum tentu dapat dilakukan dengan mudah oleh sebagian besar orang tersebut. Padahal kegiatan pemasaran senantiasa diarahkan pada pemenuhan kebutuhan konsumen dan peningkatan laba, mengingat image yang melekat di departemen pemasaran itu sendiri sebagai pusat pertanggungjawaban laba perusahaan. Hal yang sama juga terjadi pada PT. Bunga Wangsa Sejati Batu. Dimana perusahaan ini mengalami penurunan tingkat pengunjung, disertai dengan perolehan tingkat pendapatan yang fluktuatif. Berbeda dengan perusahaan manufaktur yang memungkinkan pokok permasalahan terdapat di bagian produksi ataupun pemasaran. Karena PT. Bunga Wangsa Sejati merupakan perusahaan yang berorientasi di bidang pelayanan/jasa, maka hal yang penting untuk disoroti adalah tentang aktivitas kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan suatu alat yang digunakan sebagai dasar penilaian untuk membantu manajemen dalam mendefinisikan area masalah dan menentukan rekomendasi untuk memperbaiki performa pemasaran, yaitu dengan melakukan audit pemasaran. Audit pemasaran merupakan pemeriksaan manajemen bagian pemasaran secara komprehensif, sistematis, independen dan berkala yang dapat dilakukan oleh pihak-pihak yang berwenang baik dari dalam perusahaan, maupun dari luar perusahaan. Terdapat 6 area utama yang akan diperiksa antara lain; lingkungan pemasarn untuk menilai faktor makro dan mikro yang mempengaruhi perusahaan, strategi pemasaran untuk menilai ketepatan penggunaan strategi, organisasi pemasaran untuk menilai kemampuan dan keselarasan struktur organisasi di departemen pemasaran, sistem pemasaran yang mencakup mutu dari fungsi perencanaan, analisis dan pengendalian, produktivitas pemasaran untuk menguji efektifitas biaya pemasaran dan fungsi pemasaran yang merupakan penilaian rinci dari setiap bauran pemasaran ( marketing mix ). Penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus yaitu penelitian dengan cara mencari kasus yang terjadi di perusahaan dan meneliti sebab terjadinya. PT. Bunga Wangsa Sejati Batu ( Jawa Timur Park ) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. Peubah yang dipakai untuk mendukung penelitian antara lain: lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, fungsi pemasaran dan produktivitas pemasaran. Dimana masing-masing bagian tersebut merupakan komponen yang paling berperan dalam pemasaran perusahaan. Pemeriksaan terhadap lingkungan pemasaran bertujuan untuk melihat faktor-faktor mikro dan makro yang mempengaruhi perusahaan. Pemeriksaan terhadap strategi pemasaran bertujuan untuk menilai ketepatan penggunaan strategi melaksanakan pemasaran produk. Pemeriksaan terhadap organisasi bertujuan untuk menilai pembagian tugas dan tanggung jawab pada bagian pemasaran. Pemeriksaan sistem pemasaran bertujuan untuk melihat arus informasi dalam perusahaan terutama pada bagian pemasaran. Pemeriksaan terhadap fungsi pemasaran bertujuan untuk melihat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan apakah telah sesuai dengan tujuan dan strategi pemasarannya. Pemeriksaan terhadap produktivitas pemasaran bertujuan untuk menilai kinerja bagian pemasaran apakah telah dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan jalan wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah semua data pendukung lengkap barulah mulai melakukan analisis data: 1. Merencanakan pekerjaan yang akan dilaksanakan 2. Mengumpulkan bahan bukti 3. Menganalisis dan menyelidiki penyimpangan dari standar 4. Menetukan tindakan korektif 5. Melapoorkan hasilnya pada tingkat manajemen yang tepat Berdasarkan hasil analisis maka dapat dikatakan bahwa operasi pemasaran perusahaan belum cukup efektif dan efisien. Hal ini terbukti dengan temuan bahwa adanya penurunan tingkat pengunjung, pembiayaan atas aktivitas pemasaran, realisasi penjualan ya

 

18.224.215.188