Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENTINGNYA PENGUKURAN DAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PERUSAHAAN (STUDI PADA PT. GATRA MAPAN 3 MALANG)

Thesis Detail
Author TRESIYA FERAWATI
Student's ID (NPK) A.2002.1.26844 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI BIAYA
Keyword PENGUKURAN,PELAPORAN,BIAYA KUALITAS,PRODUK,PERUSAHAAN
Page(s) 106
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PT. GATRA CITRA MAJU PAPAN yang disingkat dengan PT. GATRA MAPAN, Merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pembuatan furniture khususnya rak televisi dan rak audio. Produk yang dihasilkan dipasarkan keluar negeri dan sisa dari produk yang dihasilkan dipasarkan di dalam negeri dengan merek produk MELODY. Penelitian ini ditujukan agar perusahaan dapat menghasilkan produk yang memenuhi kualitas standar yang ditetapkan. Selain itu, perusahaan yang memilih kualitas sebagai alat strategi akan mempunyai keunggulan kompetitif untuk menguasai pasar karena tidak setiap perusahaan mampu mencapai superioritas mutu. Untuk memenangkan persaingan, maka perusahaan dituntut untuk menghasilkan produk dengan kualitas tinggi. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa biaya kualitas dari tahun 2004 ke tahun 2005 mengalami kenaikan. Biaya pencegahan naik dari 45,18% menjadi 54,91%, demikian juga dengan biaya penilaian dari 9,81% pada tahun 2004 menjadi 11,09% di tahun 2005. Sedangkan untuk biaya kegagalan sejumlah 45,01% di tahun 2004 turun menjadi 34% di tahun 2005. Dilihat dari prosentase tersebut dapat dijelaskan bahwa naiknya biaya pencegahan menunjukkan bahwa usaha perusahaan untuk meningkatkan kualitas produknya semakin baik. Karena prosentase biaya yang dikeluarkan juga meningkat. Sedangkan untuk biaya kegagalan prosentasenya menurun. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan perusahaan juga relatif kecil. Dilihat dari prosentase biaya kualitas terhadap penjualan ada penurunan biaya kualitas yang merupakan akibat dari penurunan pada biaya kegagalan dan peningkatan biaya pencegahan serta biaya penilaian. Sedangkan dilihat dari prosentase biaya kualitas terhadap biaya kualitas total rata-rata biaya kegagalan yang dikeluarkan perusahaan masih relatif tinggi. Tetapi jika dilihat dari Prosentase biaya kualitas terhadap penjualan rata-rata biaya kegagalan yang dikeluarkan relatif kecil dan ada kecenderungan menurun, dan hal tersebut diikuti dengan adanya peningkatan biaya pencegahan dan penilaian.

 

18.220.160.216