Date: 20-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUHPERILAKUKONSUMENTERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG JENIS TABUNGAN MUDHARABAH DI BNI SYARI’AH MALANG

Thesis Detail
Author YUNIAR MEKAR SARI
Student's ID (NPK) K.2000.1.25583 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN OPERASIONAL
Keyword PENGARUH KONSUMEN JENIS MENABUNG TABUNGAN MUDHAROBAH
Page(s) 79
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui sejauh mana ada pengaruh antara perilaku konsumen, yakni Variabel kelas sosial (X1), Variabel kelompok referensi (X2), keluarga (X3), Variabel sikap (X4), Variabel motivasi (X5) dan Variabel pengamatan (X6) secara serempak mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap keputusan Menabung (Y), serta untuk mengetahui perilaku konsumen manakah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan menabung. Hal-hal tersebut itulah yang nantinya akan diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian penjelasan dengan menggunakan pengujian hipotesis. Yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menabung jenis tabungan mudharabah di BNI SYARI’AH MALANG bulan desember 2004 sampai bulan juli 2005 dan berdasarkan data terakhir sebanyak 380 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner, sedangkan metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS 10.00 for windows. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi berganda, uji korelasi parsial dan uji regresi berganda. Uji hipotesis pertama menggunakan analisis uji korelasi berganda. Hasil pengujian diuji dengan uji – F, dengan kriteria F hitung > F tabel, maka Ha diterima. Uji hipotesis kedua menggunakan analisis uji t dengan kriteria t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabel keluarga (X3), variabel sikap (X4), variabel motivasi (X5) dan variabel pengamatan (X6) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap variabel keputusan menabung (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,989 dengan uji F hitung sebesar 234,737 > F tabel sebesar 2,42 maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama dapat dibuktikan kebenarannya. Alasan mengapa keenam variabel di atas dipilih sebagai variabel bebas tak lain, karena berdasarkan observasi peneliti keenam peubah tersebut memang mempunyai dampak yang berarti dalam hal pengambilan keputusan menabung jenis tabungan mudharabah di BNI SYARI’AH Malang. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linier berganda dan korelasi parsial, menyatakan bahwa variabel variable keluarga (X3) mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadap variabel keputusan menabung (Y), yang berarti bahwa keluarga mampu menjelaskan hubungan dan pengaruhnya terhadap keputusan menabung. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisien korelasi parsial dari variable variabel keluarga (X3) paling besar dibandingkan variable lainnya, yaitu berturut-turut sebesar 0,423 dan 0,626 dengan uji t hitung sebesar 4,471 > t tabel sebesar 1,6955. Jadi peubah variabel keluarga (X3) yang berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan menabung (Y), maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis kedua dapat dibuktikan kebenarannya. Alasan lain peubah keluarga (X3) yang dominan mempengaruhi variable keputusan menabung (Y), karena bagaimanapun situasi dan kondisi saat itu siapapun akan tetap membutuhkan keluarga. Apalagi pengaruh yang datangnya dari orang tua, saudara kandung dan sanak famili tidak bisa dipungkiri, yaitu akan tetap memberikan andil dalam melakukan suatu aktivitas.

 

3.129.11.20