Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROKOK SAMPOERNA A MILD (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG ANGKATAN 2002)

Thesis Detail
Author FAKHRIZA RAKHMAN
Student's ID (NPK) K.2002.1.27372 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK
Page(s) 116
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Seiring dengan perkembangan peradaban manusia yang terjadi terus menerus, yang secara langsung maupun tidak mempengaruhi kehidupan dan perilaku manusia. Dampak dari perubahan tersebut seperti halnya tercermin dalam perubahan perilaku konsumen dalam pembelian produk untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya adalah produk rokok Sampurna A Mild. Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui sejauh mana ada pengaruh antara perilaku konsumen (faktor kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, sikap, motivasi dan persepsi) terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild, serta untuk mengetahui perilaku konsumen (faktor kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, sikap, motivasi dan persepsi) manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild. Hal-hal tersebut itulah yang nantinya akan diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional dengan uji hipotesis. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Malangkuçeçwara Malang angkatan 2002 yang masih aktif sebanyak 750, terdiri dari jurusan manajemen 305 orang dan jurusan akuntansi 445 orang. Namun, untuk menemukan sampel, karena keterbatasan waktu penelitian, maka hanya diambil 10% saja dari total jumlah populasi. Berdasarkan hasil perhitungan, maka penentuan besarnya sampel, yaitu sebesar 75 orang sebagai responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumenter dan kuesioner. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi berganda, korelasi parsial dan regresi berganda. Uji hipotesis pertama menggunakan analisis uji korelasi berganda. Hasil pengujian diuji dengan uji – F, dengan kriteria F hitung > F table, maka Ha diterima. Uji hipotesis kedua menggunakan analisis uji korelasi parsial dan uji regresi berganda dengan kriteria T hitung > T table maka Ho ditolah dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabel keluarga (X3), variabel sikap (X4), variabel motivasi (X5) dan variabel pengamatan (X6) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang bermakna terhadap variabel pembelian rokok Sampoerna A Mild (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,990 dengan uji F hitung sebesar 557,751 > F tabel sebesar 2,25, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linier berganda, menyatakan bahwa variabel bebas, yaitu keluarga (X3) mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel pembelian rokok Sampoerna A Mild (Y), yang berarti bahwa keluarga mampu menjelaskan hubungan dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisien korelasi parsial dimana variabel keluarga (X3) paling besar dibandingkan variabel lainnya, yaitu sebesar 0,359 dengan uji t hitung sebesar 5,431 > t tabel sebesar 1,6676. Jadi variabel keluarga (X3) mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel pembelian rokok Sampoerna A Mild (Y).

 

18.218.234.83