Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD KUSUMA JAYA MALANG

Thesis Detail
Author ZIMMY DJAMALUDDIN MURAD
Student's ID (NPK) A.2002.1.26817 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword STRATEGI PEMASARAN,ANALISIS SWOT,PENJUALAN
Page(s) 106
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perencanaan strategis merupakan suatu pedoman untuk berpikir lebih strategis dalam meramalkan kondisi masa depan. Dengan perencanaan strategis diharapkan perusahaan mampu untuk mengatasi permasalahan yang timbul sehingga tujuan perusahaan untuk mengoptimalkan laba dapat tercapai. Dalam kaitannya dengan program pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan, penentuan strategi pemasaran yang tepat sangat diperlukan agar perusahaan tersebut dapat mengetahui kondisi pasar, sehingga program pemasaran menjadi terarah, dan mengefektifkan tujuan pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Untuk membantu proses perencanaan strategis pemasaran, dapat digunakan analisa SWOT. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kondisi lingkungan intern dan ekstern perusahaan dalam rangka penyusunan strategi pemasaran dan untuk menetapkan kebijakan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan, atas pertimbangan analisis SWOT berdasarkan kondisi perusahaan saat ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisme, lembaga atau gejala tertentu. Alasan menggunakan studi kasus ini karena penelitian studi kasus menggambarkan keadaan dan masalah yang ada dalam praktek di suatu perusahaan kemudian dianalisis lebih lanjut sehingga ditemukan kesimpulan dan pemecahan masalahnya. Peubah dalam penelitian ini adalah (1) Dari Konsep Lingkungan Intern, meliputi: Posisi pasar, Keuangan & akunting, Operasional perusahaan dan Sumber daya manusia. (2) Dari Konsep Lingkungan Ekstern, meliputi Ekonomi, Teknologi, Pemasok, Pasar dan pesaing, Dari analisis yang dilakukan diketahui bahwa (1) Kekuatan perusahaan didapat dari (a) Faktor posisi pasar meliputi meningkatkan market share perusahaan, pasar sasaran yang dituju jelas, yaitu perusahaan kontraktor dan toko bangunan, dan adanya diskon 45% untuk penjualan 25–100 buah untuk meningkatkan loyalitas konsumen. (b) Faktor keuangan, meliputi tingkat likuiditas meningkat, dan rasio hutang menurun (c) Operasional perusahaan, meliputi variasi produk lebih banyak dibandingkan pesaingnya, harga produk bersaing dan relatif lebih rendah dibandingkan pesaingnya, dilakukan promosi dalam bentuk tanggalan, kaos, pemberian bonus 10 buah setiap pengambilan pipa PPC 100 buah. (d) Faktor SDM yaitu produktivitas karyawan meningkat. (2) Kelemahan perusahaan dari faktor finansial yaitu profitabilitas menurun, faktor operasional yang menunjukkan wilayah pemasaran relatif kecil, dan faktor SDM yang menunjukkan pendidikan karyawan sebagian besar SD, belum adanya pelatihan karyawan, kebijakan untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan masih lemah dan jumlah tenaga pemasaran 7 org. (3) Peluang perusahaan didapat dari laju pertumbuhan ekonomi meningkat, perkembangan teknologi memberikan kemudahan menjalankan aktivitasnya, adanya hubungan baik 6 dengan pemasok (PT. Bhinneka Plastik) dan dimilikinya persediaan dan gudang penyimpanan untuk menjaga persediaan barang, dan faktor pasar dan persaingan yang menunjukkan perusahaan mampu meningkatkan market share pada tahun 2005, serta mampu menyaingi penjualan pipa PPC merek wavin. (4) Ancaman perusahaan terutama dari faktor ekonomi yaitu laju inflasi meningkat, ancaman peningkatan biaya operasional dan meningkatnya BBM, tarif listrik, tarif telepon, dan UMR yang meningkatkan biaya operasional perusahaan, biaya mahal untuk mengikuti perkembangan teknologi dan persaingan yang tinggi. (5) Dari analisis matrix SWOT diketahui bahwa posisi perusahaan berada dikuadran I yaitu perusahaan mempunyai kekuatan dan peluang yang tinggi dari lingkungan industrinya. Sehingga strategi yang sesuai adalah strategi agresif meliputi Horizontal Integration, Vertical Integration, Conglomerate Diversification dan Concentric Diversification. (6) Strategi yang diusulkan adalah horizontal integration, yang dilakukan dengan cara memperluas segmen pasar untuk mengurangi potensi p

 

18.222.109.141