Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA SWOT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN STUDI PADAPT. “SUMBER JAYA” MADIUN

Thesis Detail
Author PRIYO DWI LEKSONO
Student's ID (NPK) K.2002.1.27022 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISA SWOT,PERENCANAAN,STRATEGI PEMASARAN
Page(s) 84
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pada dasarnya setiap perusahaan didirikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yakni mencapai laba optimal. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pertimbangan karena perolehan laba optimal di pengaruhi oleh keadaan lingkungan, baik lingkungan internal maupun lingkungan ekstermal. Hal ini juga dialami oleh PT. “Sumber Jaya” Madiun. Cara sistematis yang di perlukan oleh perusahaan untuk menilai situasi dan kondidi di sekitar perusahan adalah dengan analisa SWOT. Analisa SWOT memiliki peran penting dalam proses perencanaan strategis mengasumsikan bahwa strategi yang sukses adalah mampu meminimalkan kelemahan dan ancaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian studi kasus. penelitian ini harus dapat memberikan petunjuk, dengan demikian penelitian ini dilakukan bukan dasar keinginan untuk apasaja, tetapi lebih daripada itu mempunyai kegunaan praktis yaitu sebagai pedoman atau bahan pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran yang harus diambil oleh perusahaan dengan di tunjang oleh hasil analisa eksternal dan internal perusahaan. Pemecahan masalah yang digunakan dalam studi kasus ini adalah dengan cara menganalisa lingkungan perusahaan yang terdiri dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang merupakan bagian dari analisa SWOT. Dari kedua analisa tersebut kemudian digabungkan, maka dapat dilihat bahwa analisa internal faktor produk dan pemasaran mengalami permasalahan, hal ini disebabkan oleh kurang variatifnya jenis produk dan kurang gencarnya promosi perusahaan. Analisa ekstermal menunjukkan adanya peluang yang dapat dimanfaatkan dan ancaman yang harus dihadapi perusahaan. Dari analisa yang telah dilakukan, PT. “Sumber Jaya” Madiun khususnya manajer diharapkan dapat menentukan strategi pemasaran yang baik mellaui analisa SWOT. Dan akhirnya PT. “Sumber jaya” dapat meningkatkan peluang dan kekuatan serta dapat mengurangi kelemahan dan ancaman yang ada melalui mutu dan kualitas yang terjamin.

 

3.144.238.20