Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK PONSEL CDMA (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG)

Thesis Detail
Author M. FUAD FAHRUL RIZAL
Student's ID (NPK) K.2002.1.27200 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,PONSEL CDMA
Page(s) 149
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen berupa kelas sosial, kelompok anutan, keluarga, pengalaman belajar, kepribadian serta sikap dan keyakinan secara bersama-sama (simultan) terhadap pembelian produk ponsel CDMA oleh mahasiswa STIE Malangkuewara Malang serta untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen berupa kelas sosial, kelompok anutan, keluarga, pengalaman belajar, kepribadian serta sikap dan keyakinan secara parsial terhadap pembelian produk ponsel CDMA oleh mahasiswa STIE Malangkuewara Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuewara Malang yang menggunakan ponsel CDMA. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis I diketahui nilai F hitung yang dihasilkan (40,929) lebih besar dari nilai F tabel (2,34), hal ini berarti peubah-peubah bebas berupa Kelas Sosial (X1), Kelompok Anutan (X2), Keluarga (X3), Pengalaman Belajar (X4), Kepribadian (X5) serta Sikap dan Keyakinan (X6) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap peubah terikat berupa Pembelian (Y). Nilai R Square sebesar 0,851 menunjukkan bahwa peubah bebas berupa Kelas Sosial (X1), Kelompok Anutan (X2), Keluarga (X3), Pengalaman Belajar (X4), Kepribadian (X5) serta Sikap dan Keyakinan (X6) secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap peubah Pembelian (Y) sebesar 85,1% sedangkan sisanya sebesar 14,9% dijelaskan oleh peubah-peubah lain selain yang diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Kelas Sosial (X1), Kelompok Anutan (X2), Keluarga (X3), Pengalaman Belajar (X4), Kepribadian (X5) serta Sikap dan Keyakinan (X6) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap peubah Pembelian (Y). Sehingga hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II diketahui besarnya nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel sehingga dapat diartikan bahwa semua peubah bebas yaitu Kelas Sosial (X1), Kelompok Anutan (X2), Keluarga (X3), Pengalaman Belajar (X4), Kepribadian (X5) serta Sikap dan Keyakinan (X6) secara individual (parsial) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat yaitu Pembelian (Y). Sehingga hipotesis dapat dibuktikan kebenarannya. Diketahui pula dari hasil analisis regresi bahwa peubah Kelas Sosial (X1) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,210) diantara nilai koefisien regresi peubah bebas yang lain. Sehingga diketahui bahwa peubah Kelas Sosial (X1) mempunyai pengaruh paling besar (dominan) terhadap Pembelian (Y).

 

52.14.85.76