Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENYUSUNAN LAPORAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI SARANA BAGI MANAJEMEN DALAM MENGENDALIKAN PRODUK CACAT PADA PERUSAHAAN MEBEL CV. TULUS KARYA MALANG

Thesis Detail
Author ROOM PASIFIONO
Student's ID (NPK) A.2002.1.26814 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword LAPORAN BIAYA, KUALITAS,MANAJEMEN,PRODUK CACAT,MEBEL
Page(s) 82
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Seiring dengan perkembangan dunia usaha dan peradaban manusia, menuntut perusahaan untuk meningkatkan kualitas produknya, karena kualitas merupakan suatu ukuran bagi konsumen dalam menentukan atau memilih produk yang di inginkan dan konsumen merupakan pihak yang paling berkepentingan dalam menilai kualitas suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Sebagai upaya untuk mendekati atau mencapai zero defect maka diperlukan suatu pengendalian kualitas yang baik. Pengendalian kualitas yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat suatu program manajemen yang bertujuan kepada kualitas suatu produk. Dalam membuat program tersebut manajemen dapat melakukan dengan membuat suatu pelaporan biaya kualitas. Biaya kualitas merupakan indikator untuk mengetahui apakah program peningkatan kualitas yang dilaksanakan oleh perusahaan sudah berhasil atau belum. Dan untuk memantau keberhasilannya, maka perusahaan perlu melakukan pengukuran dan pelaporan biaya kualitas secara khusus. Dengan adanya peningkatan kualitas produk maka produk cacat yang dihasilkan oleh perusahaan akan berkurang dan menyebabkan tingkat kepuasan konsumen menjadi meningkat. Apabila produk cacat yang dihasilkan sudah berkurang maka produksi sudah dapat diefisienkan dengan baik, karena bertambahnya biaya-biaya perbaikan, pemborosan sumber daya, dan terganggunya proses produksi sudah dapat diminimalkan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa perusahaan sudah melakukan program peningkatan kualitas dengan baik, sehingga biaya kualitas yang dikeluarkan oleh perusahaan menurun setiap tahunnya dan produk cacat yang dihasilkan perusahaan juga menurun. Adanya penurunan produk cacat maka juga berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut sehingga penjualan dapat meningkat. Dengan demikian manajemen dapat mengendalikan produk cacat yang nantinya dengan membuat pengukuran dan pelaporan biaya kualitas manajemen dapat mencapai zero defect atau produk cacat nol.[/p

 

18.188.152.162