Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS ELEMEN-ELEMEN BAURAN PEMASARAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI PRODUK PONSEL CDMA MEREK NOKIA (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG)

Thesis Detail
Author ANGGRAINI TRI SETYO PUTRI
Student's ID (NPK) K.2002.1.26996 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ELEMEN BAURAN PEMASARAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI PRODUK
Page(s) 141
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh elemenelemen dalam bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk ponsel CDMA merek Nokia pada mahasiswa STIE Malangkuewara Malang dan untuk mengetahui elemen bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk ponsel CDMA merek Nokia pada mahasiswa STIE Malangkuewara Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE MalangkuVeVwara Malang yang mempunyai produk ponsel CDMA merek Nokia, sampel ditentukan sebanyak 60 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis I diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,839 yang diartikan bahwa terdapat hubungan antara peubah-peubah Product/ Produk (X1), Price/Harga(X2), Place/Tempat (X3), dan Promotion/Promosi (X4) terhadap peubah Keputusan Pembelian (Y) produk ponsl CDMA merek Nokia dengan tingkat keeratan hubungan kuat. Nilai F hitung (32,686) > nilai F tabel pada df1 = 55 dan df2 = 4 sebesar 2,53. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa peubah-peubah Product/Produk (X1), Price/Harga(X2), Place/Tempat (X3), dan Promotion/Promosi (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan Keputusan Pembelian (Y). Nilai Sig F sebesar 0,000, dimana nilai signifikan tersebut memiliki nilai dibawah 0,05 (5%) menunjukkan bahwa hubungan tersebut bersifat signifikan (bermakna). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,704 menunjukkan besarnya kontribusi peubah-peubah bebas berupa Product/Produk (X1), Price/Harga(X2), Place/Tempat (X3), dan Promotion/Promosi (X4) secara bersamasama terhadap peubah terikat Keputusan Pembelian (Y) adalah sebesar 70,4% dan sisanya sebesar 29,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian terhadap hipotesis I tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa peubah-peubah Product/Produk (X1), Price/Harga(X2), Place/Tempat (X3), dan Promotion/Promosi (X4) mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ponsel CDMA. Dengan demikian hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah bebas yang memiliki nilai koefisien regresi paling besar adalah adalah peubah Product/Produk (X1) yaitu sebesar 0,377 sehingga peubah Product/ Produk (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ponsel CDMA. Dengan demikian hipotesis 2 terbukti.

 

18.222.69.152