Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR EKSTERN DAN INTERN PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA ( STUDI PADA MASYARAKAT KELURAHAN RABANGODU KECAMATAN RASANAE TIMUR KOTA BIMA NTB )

Thesis Detail
Author RAHMA DIANSYAH
Student's ID (NPK) K.2002.1.27107 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword EKSTERN DAN INTERN PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK
Page(s) 165
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktor ekstern (kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga) dan faktor intern (motivasi, pengamatan, kepribadian dan konsep diri, belajar dan sikap) dari perilaku konsumen secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda serta untuk mengetahui faktor ekstern (kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga) dan faktor intern (motivasi, pengamatan, kepribadian dan konsep diri, belajar dan sikap) dari perilaku konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kelurahan Rabangodu Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima NTB sebagai pemilik sepeda motor Honda. Sampel ditentukan sebanyak 60 responden dengan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa semua item pada masingmasing peubah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis I diketahui nilai F hitung (26,034) lebih besar dari F tabel (2,04). Dengan demikian keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian juga dengan nilai Sig F sebesar 0,000 di bawah nilai signifikan 0,05 menunjukkan bahwa peubah-peubah bebas yaitu Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3), Keluarga (X4), Motivasi (X5), Pengamatan (X6), Kepribadian dan Konsep Diri (X7), Belajar (X8) dan Sikap (X9) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peubah terikat Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda (Y). Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,908 menunjukkan hubungan tersebut sangat erat dan bersifat positif. Nilai R square sebesar 0,824 menunjukkan bahwa Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3), Keluarga (X4), Motivasi (X5), Pengamatan (X6), Kepribadian dan Konsep Diri (X7), Belajar (X8) dan Sikap (X9) secara bersama-sama mempengaruhi peubah Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda (Y) sebesar 82,4%, sedangkan sebanyak 17,6% dipengaruhi oleh hal-hal lain diluar peubah yang diteliti. Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis I tersebut dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3), Keluarga (X4), Motivasi (X5), Pengamatan (X6), Kepribadian dan Konsep Diri (X7), Belajar (X8) dan Sikap (X9) secara bersamasama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan dengan peubah Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda (Y). Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah Motivasi (X5) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,213) diantara peubah bebas yang lain sehingga dapat disimpulkan bahwa peubah Motivasi (X5) merupakan peubah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda (Y). Dengan kata lain bahwa hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.

 

3.138.110.119