Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI PRODUK AIRMINERAL MERK “AQUA” DALAM GALON (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG)

Thesis Detail
Author DIAH UMI ARDIANI
Student's ID (NPK) K.2001.1.27520 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Page(s) 122
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perilaku konsumen sebagai kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa termasuk didalamnya proses pengambilan keputusan. Perilaku konsumen diciptakan untuk mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen, salah satu caranya adalah analisis faktor intern. Faktor intern dipilih, karena dalam proses pembelian konsumen seringkali dipengaruhi oleh faktor dalam dirinya sendiri yang terdiri dari motivasi, pengamatan, sikap dan kepribadian dalam menyikapi suatu produk yang pada akhirnya akan sampai pada suatu keputusan, yaitu mengadakan pembelian. Perilaku konsumen terhadap produk air mineral dalam galon, sebagai produk yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan dikalangan mahasiswa manajemen 2002 STIE Malangkuçeçwara Malang, yang sebagian besar berdomisili di sekitar kampus dengan status penduduk musiman dan bertempat tinggal kos atau kontrak. Perilaku mahasiswa itu, dilandasi oleh faktor-faktor yang tidak sama. Kondisi tersebut berpengaruh bagi mahasiswa dalam pengambilan keputusan untuk membeli air mineral dalam galon, untuk itu penulis ingin meneliti permasalahan sebagai berikut : sejauh manakah faktor-faktor intern yaitu motivasi, pengamatan, sikap dan kepribadian berpengaruh terhadap keputusan untuk membeli produk air mineral dalam galon. Dalam penelitian terhadap mahasiswa manajemen 2002 STIE Malangkuçeçwara Malang, sebanyak 293 orang dengan mengambil sampel 75 orang (25 %) dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah secara acak atau random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : kuesioner dan metode analisa menggunakan statistik deskriptif , statistik inferensial, uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan Software SPSS 10.00 For Windows. Dari uraian diatas dapat di simpulkan bahwa faktor motivasi. Pengamatan, sikap dan kepribadian berpengaruh pada mahasiswa dalam pengambilan keputusan untuk membeli air mineral dalam galon. Dengan demikian haruslah diperhatikan sebaik-baiknya oleh pemasar sehingga dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen.

 

18.118.2.15