Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS Z SCORE SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KEGAGALAN BISNIS (STUDI PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN RETAIL YANG TELAH GO PUBLIK DI BEJ)

Thesis Detail
Author KRISTA PANDUTAMA
Student's ID (NPK) A.2002.1.27588 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN KEUANGAN
Keyword ANALISIS Z SCORE,KEGAGALAN BISNIS,BEJ,PERDAGANGAN RETAIL
Page(s) 121
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAK Persaingan perusahaan perdagangan retail semakin terasa meningkat pada perekonomian di Indonesia saat ini yang semakin membaik, setelah terjadi krisis ekonomi yang berkepanjangan. Untuk dapat bersaing di dalam negeri maupun di luar negeri diperlukan upaya yang maksimal baik dari segi finansial maupun dari kualitas dan kuantitas produksi. Upaya ini diperlukan untuk mencapai kinerja keuangan yang optimal. Perusahaan yang telah go publik memiliki tanggung jawab yang cukup besar terhadap investor yang telah menanamkan modalnya pada perusahaan. Penilaian kinerja perusahaan pada penelitian ini menggunakan analisis Z Score. Analisis Z Score digunakan sebagai alat untuk memprediksi tingkat kegagalan bisnis pada perusahaan. Dengan adanya analisis ini akan bermanfaat bagi pihak internal yaitu untuk mengetahui kinerja perusahaan dan posisi keuangan perusahaan apakah dalam keadaan aman atau bangkrut. Sedangkan manfaat bagi pihak eksternal adalah untuk mengetahui apakah perusahaan dalam keadaan sehat, sehingga investor akan merasa aman untuk menginvestasikan dananya ke perusahaan tersebut. Dan sebaliknya, jika analisis tersebut menunjukkan kondisi kebangkrutan, maka pihak investor tidak akan menginvestasikan dananya ke perusahaan tersebut dan akan memilih perusahaan lain yang lebih sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perusahan perdagangan retail yang go publik dalam hal ini PT. Rimo Catur Lestari, Tbk; PT. Toko Gunung Agung, Tbk; PT. Hero Supermarket, Tbk; PT. Matahari Putra Prima, Tbk; PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk; PT. Alfa Retailindo, Tbk; dan PT. Metro Supermarket, Tbk merupakan perusahaan yang sehat dengan menggunakan analisis Z Score. Pada penyusunan skripsi ini digunakan jenis penelitian studi kasus, yaitu penelitian dengan maksud memecahkan permasalahan yang terjadi dalam perusahaan. Alasan mendasar menggunakan studi kasus ini karena penelitian studi kasus menggambarkan keadaan dan masalah yang ada di dalam perusahaan kemudian dianalisis lebih lanjut sehingga ditemukan kesimpulan dan pemecahan masalah. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu X1 (modal kerja / total aset), X2 (laba ditahan / total aset), X3 (laba sebelum bunga dan pajak / total aset), X4 (nilai buku modal saham / total hutang), dan X5 ( penjualan / total aset). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dari analisis Z Score yang telah dilakukan pada 7 perusahaan perdagangan retail go publik diketahui ada 4 perusahaan yang tergolong sehat kondisi keuangannya, yaitu PT. Toko Gunung Agung, Tbk; PT. Hero Supermarket, Tbk; PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk; dan PT. Alfa Retailindo, Tbk. Sedangkan 2 perusahaan yaitu PT. Rimo Catur Lestari, Tbk; dan PT. Matahari Putra Prima, Tbk merupakan perusahaan yang tergolong kondisi keuangan yang rawan. Dan 1 perusahaan yaitu PT. Metro Supermarket, Tbk berada pada kondisi keuangan yang tidak sehat. Dari kesimpulan tersebut, maka penulis dapat mengajukan saran yang diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan, yaitu hendaknya pihak manajemen perusahaan segera mengambil tindakan korektif atau pencegahan jika diketahui tingkat kesehatan keuangan perusahaan terus menurun dan menunjukkan gejala kebangkrutan. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan Z Score dari tahun ke tahun.

 

18.221.53.5