Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SUPERMARKET UTAMA RAYA BONDOWOSO

Thesis Detail
Author DALILA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27311 (MANAJEMEN)
Subject PERILAKU KONSUMEN
Keyword PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 152
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktorfaktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Utama Raya Bondowoso serta untuk mengetahui faktor apa diantara faktor-faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Utama Raya Bondowoso. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pembeli di Supermarket Utama Raya Bondowoso. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa rata-rata jumlah pembeli di Supermarket Utama Raya Bondowoso per hari adalah sebanyak 628 orang. Dengan demikian jumlah sampel ditetapkan sebesar 20% dari jumlah pembeli tersebut yaitu sebanyak 126 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis I diketahui nilai F hitung hasil analisis (122,400) lebih besar dari nilai F tabel (2,45). Hal ini berarti peubah-peubah bebas yaitu Faktor Kebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), dan Faktor Psikologi (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y). Nilai Sig F (0,0001) lebih kecil dari nilai signifikan 0,05 menunjukkan bahwa hubungan tersebut signifikan. Nilai koefisien korelasi = 0,895 menunjukkan bahwa Faktor Kebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), dan Faktor Psikologi (X4) mempunyai hubungan yang erat dan bersifat positif dengan peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y). Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,802 menunjukkan bahwa peubah-peubah bebas berupa Faktor Kebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), dan Faktor Psikologi (X4) secara bersama-sama menjelaskan peubah Keputusan Pembelian (Y) sebesar 80,2% sedangkan sisanya sebesar 19,8% dijelaskan oleh faktor-faktor lain selain yang diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t diketahui nilai t hitung masing-masing peubah lebih besar dari nilai t tabel dan nilai Sig t masing-masing peubah bebas di bawah 0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa peubah-peubah bebas berupa Faktor Kebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), dan Faktor Psikologi (X4) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y). Maka dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Faktor Kebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), dan Faktor Psikologi (X4) mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), atau dengan kata lain hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah bebas yang memiliki nilai koefisien regresi paling besar adalah adalah peubah Faktor Psikologi (X2) yaitu sebesar 0,314. Dengan demikian hipotesis 2 terbukti.

 

3.149.233.72