Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMENUNTUK BERBELANJA PADA SUPERMARKET UTAMA RAYA BONDOWOSO

Thesis Detail
Author SISKA AYU CHANTRAPRILIA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27498 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword BAURAN PEMASARAN,KEPUTUSAN KONSUMEN
Page(s) 159
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara unsur-unsur bauran pemasaran berupa product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik) dan process (proses) dengan keputusan konsumen untuk berbelanja pada Supermarket Utama Raya Bondowoso serta untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara unsur-unsur bauran pemasaran berupa product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik) dan process (proses) dengan keputusan konsumen untuk berbelanja pada Supermarket Utama Raya Bondowoso. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengunjung/pembeli pada Supermarket Utama Raya Bondowoso dalam 1 hari. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui jumlah konsumen pengunjung/pembeli pada Supermarket Utama Raya Bondowoso dalam 1 hari adalah 620 konsumen dan sampelnya ditentukan sebanyak 62 responden (10% dari jumlah populasi) dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa semua item pada masing-masing peubah valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan bebas multikolinearitas, heterokedastisitas serta autokorelasi. Alat analisis yang digunakan untuk menguji dan menganalisis hipotesis adalah alat analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I diketahui bahwa Product/Produk (X1), Price/Harga (X2), Place/Tempat (X3), Promotion/Promosi (X4), People/Karyawan (X5), Physical Evidence/Bukti Fisik (X6) dan Process/Proses (X7) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap Keputusan Konsumen untuk Berbelanja (Y) dengan nilai R square sebesar 0,845. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah-peubah Product/Produk (X1), Price/Harga (X2), Place/Tempat (X3), Promotion/ Promosi (X4), People/Karyawan (X5), Physical Evidence/Bukti Fisik (X6) dan Process/Proses (X7) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Konsumen untuk Berbelanja (Y) pada Supermarket Utama Raya Bondowoso dimana peubah Price/Harga (X2) mempunyai pengaruh dominan.

 

3.141.8.247