Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MEREK, KEMASAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROKOK SAMPOERNA A MILD ( STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUVEVWARA MALANG )

Thesis Detail
Author RETMANA SULISTIO
Student's ID (NPK) K.2002.1.26903 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH MEREK, KEMASAN DAN HARGA, PEMBELIAN PRODUK
Page(s) 118
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merek, kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian produk rokok Sampoerna A Mild oleh mahasiswa STIE Malangkuewara Malang serta untuk mengetahui diantara merek, kemasan dan harga yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk rokok Sampoerna A Mild oleh mahasiswa STIE Malangkuewara Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang sebagai konsumen pengguna produk rokok Sampoerna A Mild. Sampel ditetapkan sebanyak 60 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas, semua item pada peubah yang digunakan menunjukkan validitas dan reliabilitas yang tinggi. Dikatakan valid karena nilai r hasil korelasi dari masing-masing peubah lebih besar dibandingkan dengan nilai kritis pada tabel dan dikatakan reliabel karena mempunyai nilai Alpha lebih besar dari 0,6. Hasil pengujian hipotesis I diperoleh nilai F hitung (28,578) lebih besar dari nilai F tabel (2,76). Hal ini berarti peubah-peubah bebas berupa Merek (X1), Kemasan (X2), dan Harga (X3) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y) produk rokok Sampoerna A Mild. Nilai Sig F sebesar 0,000 di bawah nilai signifikan 0,05 menunjukkan bahwa pengaruh Merek (X1), Kemasan (X2), dan Harga (X3) secara bersama-sama (simultan) terhadap Keputusan Pembelian (Y) adalah signifikan. Nilai R2 sebesar 0,605 menunjukkan bahwa peubah bebas Merek (X1), Kemasan (X2), dan Harga (X3) secara serempak mempengaruhi peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y) produk rokok Sampoerna A Mild sebesar 60,5%, sisanya sebesar 39,5% dipengaruhi oleh peubah lain di luar peubah bebas yang diteliti. Hasil uji t menunjukkan bahwa masing-masing peubah bebas mempunyai nilai t hitung lebih besar nilai t tabel dan nilai Sig t yang dihasilkan di bawah nilai signifikan 0,05. Hal ini berarti masingmasing peubah bebas berupa merek, kemasan dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa keputusan pembelian produk rokok Sampoerna A Mild. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Merek (X1), Kemasan (X2), dan Harga (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan dengan Keputusan Pembelian (Y) produk rokok Sampoerna A Mild. Dengan demikian hipotesis I terbukti. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa peubah Merek (X1) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,347) sehingga peubah Merek (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dengan demikian hipotesis II terbukti.

 

18.216.121.55