Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG PADABANK RAKYAT INDONESIA CABANG SELONG

Thesis Detail
Author FAHRI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27103 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MINAT MASYARAKAT,PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG
Page(s) 153
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung berupa kepercayaan masyarakat, tingkat bunga tabungan, pelayanan yang baik dan benar, promosi dan hadiah serta lokasi dan keamanan bank terhadap keputusan menabung pada Bank Rakyat Indonesia cabang Selong dan untuk mengetahui faktor yang dominan berpengaruh terhadap keputusan menabung pada BRI Cabang Selong diantara faktorfaktor kepercayaan masyarakat, tingkat bunga tabungan, pelayanan yang baik dan benar, promosi dan hadiah serta lokasi dan keamanan bank. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kelurahan Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur sebagai pengguna jasa tabungan pada Bank Rakyat Indonesia sebanyak 120 nasabah. Mengingat jumlah responden lebih dari 100 maka ditentukan sampel sebanyak 60 nasabah (50% dari 120) dengan menggunakan teknik sampling accidentally sampling. teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa butir-butir pertanyaan yang digunakan valid dan reliabel. Dikatakan valid dan reliabel karena nilai-nilai koefisien korelasi yang dihasilkan untuk tiap item pada masing-masing peubah lebih besar dari nilai kritis pada tabel yang telah ditentukan. Dengan demikian item-item yang digunakan sebagai alat pengukur pada setiap peubah dalam penelitian ini layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Hasil Pengujian Hipotesis I dengan menggunakan alat analisis korelasi berganda diperoleh nilai F hitung (54,491) lebih besar dari nilai F tabel (2,37) berarti terdapat hubungan yang signifikan antara peubah Kepercayaan Masyarakat (X1), Tingkat Bunga Tabungan (X2), Pelayanan Yang Baik dan Benar (X3), Promosi dan Hadiah (X4) serta Lokasi dan Keamanan Bank (X5) dengan peubah Keputusan Menabung (Y). Nilai Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,914 menunjukkan bahwa hubungan itu bersifat erat dan positif. Nilai R2 sebesar 0,835 berarti besarnya Keputusan Menabung (Y) pada Bank Rakyat Indonesia cabang Selong dipengaruhi peubah-peubah Kepercayaan Masyarakat (X1), Tingkat Bunga Tabungan (X2), Pelayanan Yang Baik dan Benar (X3), Promosi dan Hadiah (X4) serta Lokasi dan Keamanan Bank (X5) sebesar 83,5% sedangkan sisanya sebesar 16,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar peubah bebas yang diteliti. Sedangkan hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t 6 tabel berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara peubah-peubah Kepercayaan Masyarakat (X1), Tingkat Bunga Tabungan (X2), Pelayanan Yang Baik dan Benar (X3), Promosi dan Hadiah (X4) serta Lokasi dan Keamanan Bank (X5) terhadap Keputusan Menabung (Y). Hasil Pengujian Hipotesis II dengan menggunakan alat analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa peubah Kepercayaan Masyarakat (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap peubah Keputusan Menabung (Y) pada Bank Rakyat Indonesia cabang Selong karena mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,384) dibandingkan dengan nilai koefisien regresi peubah bebas yang lain.

 

18.119.105.239