Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PEMBINAAN KREDIT TERHADAP NASABAH GUNA MENEKAN NON PERFOMING LOAN (NPL) )STUDI KASUS PADA PT. BRI KANCA MALANG KAWI)

Thesis Detail
Author JAYANTI SAPTA RINI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27409 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PERBANKAN
Keyword KREDIT,NASABAH,NON PERFOMING LOAN(NPL)
Page(s) 145
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dewasa ini dirasakan perkembangan dunia usaha perbankan semakin maju terlebih dalam masa sekarang. Perkembangan ekonomi berpengaruh terhadap dunia perbankan yang berdampak terhadap perkembangan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap dunia perbankan. Dalam dunia perbankan tidak ada yang bersifat statis,kecuali bank itu sendiri. Dalam rangka mengikuti perubahan (dinamis), perusahaan mempunyai motivasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu motivasi yang menjadi pertimbangan perusahaan khususnya BRI Kanca Malang Kawi adalah memperluas usahanya dan meningkatkan segala aktifitas perusahaan terlebih kredibilitas perusahaan di masyarakat. Setiap perusahaan dalan menjaga usahanya (eksistensinya ), terutama usaha yang bersifat komersial selalu mengadakan pembinaan bagi perbankan tersebut. Sehubungan dengan itu, maka untuk mengendalikannya, perusahaan tersebut menentukan kebijaksanaan untuk memberikan informasi tentang kebutuhan dana tersebut dalan waktu relatif singkat, sehingga bisa untuk membiayai kebutuhan operasinya setiap hari. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis memilih judul : Pembinaan Kredit Terhadap Nasabah Guna Menekan Non Perfoming Loan (NPL). Guna memberikan pertimbangan serta input pada pimpinan untuk menganalisis tunggakan kreditnya yang terus mengalami kenaikan pada posisi keuangan yaitu dengan jalan meningkatkan pembinaan kredit serta menentukan kebijaksanaan kredit dengan teori ekonomi dan kenyataan yang ada. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan dalam menerapkan teori – teori, serta dapat mengidentifikasikan permasalahan, menganalisis kemampuan dari BRI Kanca Malang Kawi serta terlebih agar mahasiswa dapat mengetahui system perbankan yang ada. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk membantu perusahaaan dalam mencari sebab – sebab masalah yang ada serta mencari jalan pemecahannya. Guna dipergunakan sebagai bahan pertimbangan kebijaksanaan selanjutunya. Juga sebagai tindak lanjut guna memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar kesarjanaan pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Malang. Dalam penulisan ini langkah awal yang diperiksa adalah metode yang relevant dan obyektif dimana semua tergantung data. Guna menyusun skripsi, penulis menggunakan cara sbagai berikut : 0 Wawancara yaitu tanya jawab langsung terhadap obyek penelitian 0 Observasi yaitu pengadaan penelitian terjun secara langsung ke lapangan untuk penelitian yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini. 0 Dokumentasi yaitu pencatatan yang diperlukan untuk orang atau pihak lain yang mendukung penelitian ini. Dalam melaksanakan penelitian ini diperlukan waktu yang panjang hal ini dikarenakan agar diperoleh data yang benar sehingga dapat dievakuasi dan diperoleh pula hasil yang tepat. Setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun, pasti mempunyai tujuan yang hendak dicapai, begitu pula dengan BRI Kanca Malang Kawi yang telah menetapkan tujuan, visi dan misi. Adapun masalah yang dihadapi perusahaan adalah menyangkut tunggakan kredit atau kredit bermasalah yang berpengaruh terhadap posisi kesehatan kredit pada perusahaan, dan akibat masalah yang ditimbulkan. Setelah diketahui permasalahan yang ada pada perusahaan, maka penulis mencoba untuk mengatasi permasalahan yang ada. Adapun alternatif – alternatif sebagai jalan keluar dalam mengatasi permasalahan, dikemukakan beberapa alternatif pemecahan sebagai berikut : − Menambah atau meningkatkan keamanan yang bersifat prefentif − Perlu memperhatikan pembatasan jumlah kredit yang diberikan serta harus selektif khususnya pada bentuk kredit yang berisiko tinggi − Pelaksanaan pengarahan dan pembinaan secara efektif baik pembinaan administratif (Off Site), maupun pembinaan langsung (On Site). − Melaksanakan kebijaksanaan pemberian keringanan kapada nasabah yang kreditnya menunggak agar dapat menyelesaikannya. − Melaksanakan penagihan yang efektif. Kesimpulan yang dapat diambi

 

18.118.2.15