Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA PENGENDALIAN PIUTANG DALAM USAHA MENINGKATKAN EFISIENSI MODAL KERJA PADA PERUSAHAAN INDAH CEMERLANG MALANG

Thesis Detail
Author TRI ANGGORO AGUNG NUGROHO
Student's ID (NPK) A.2001.1.25992 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN KEUANGAN
Keyword PENGENDALIAN PIUTANG,EFISIENSI MODAL KERJA,PERUSAHAAN
Page(s) 139
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan menganalisis pengelolaan modal kerja pada perusahaan ‘Indah Cemerlang’ dalam rangka meningkatkan efisiensi modal kerja. Secara spesifik, penelitian ini melihat secara mendalam ada tidaknya overlaping dalam pemberian piutang pada konsumen yang menyebabkan inefisiensi dalam modal kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data-data finansial yang diperoleh dari perusahaan, diolah dan dianalisis guna menemukan kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam pengelolaan piutang untuk dicarikan solusinya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat penurunan efisiensi modal kerja dalam bentuk keterlambatan tingkat perputaran modal kerja yang disebabkan oleh adanya keterlambatan waktu pengumpulan piutang dari standar waktu yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sebagai akibat, terjadi penumpukan modal kerja dalam piutang. Beberapa rekomendasi yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk memecahkan masalah tersebut antara lain: (1) Perlu diciptakannya hubungan baik antara perusahaan dengan para pelanggan; (2) Memotivasi pelanggan agar bersedia membayar hutangnya lebih cepat dengan cara melakukan perubahan syarat penjualan kredit menjadi 4/10/net 30; (3) Penagihan piutang hendaknya dilakukan secara aktif dan intensif sesuai dengan persayaratan kredit yang telah ditetapkan; (4) Perlu dilaksanakan pengawasan dalam administrasi piutang, sehingga perusahaan dapat dengan mudah mengetahui jatuh tempo piutang tiap-tiap pelanggan dan dapat diketahui kebiasaan masing-masing pelanggan dalam membayar hutangnya.

 

3.144.189.177