Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK MANDIRI (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG)

Thesis Detail
Author NINA FIDIANA
Student's ID (NPK) K.2001.1.26367 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MAHASISWA,PENGAMBILAN KEPUTUSAN,MENABUNG,BANK MANDIRI
Page(s) 137
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktor-faktor kemudahan pencairan tabungan, tingkat bunga tabungan, pelayanan yang baik dan benar, promosi dan hadiah-hadiah serta lokasi dan keamanan bank terhadap pengambilan keputusan menabung pada Bank Mandiri serta untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan menabung pada Bank Mandiri diantara faktor-faktor kemudahan pencairan tabungan, tingkat bunga tabungan, pelayanan yang baik dan benar, promosi dan hadiah-hadiah serta lokasi dan keamanan bank. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuewara Malang sebagai pengguna jasa Bank Mandiri dan sampel ditentukan sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas diketahui bahwa seluruh item pada masing-masing variabel valid dan reliabel, dengan demikian item-item yang digunakan sebagai alat pengukur pada setiap variabel dalam penelitian ini layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Untuk menganalisis hipotesis yang telah dirumuskan digunakan alat analisis korelasi berganda dan regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis I diketahui nilai F hitung (43,756) lebih besar dari nilai F tabel (2,45) dan nilai Sig F yang dihasilkan (0,000) di bawah nilai signifikan 0,05. Dengan demikian keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya peubah-peubah Kemudahan Pencairan Tabungan (X1), Tingkat Bunga Tabungan (X2), Pelayanan Yang Baik dan Benar (X3), Promosi dan Hadiah-hadiah (X4) dan Lokasi dan Keamanan Bank (X5) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan dengan peubah Keputusan Menabung (Y). Nilai koefisien korelasi sebesar 0,912 menunjukkan bahwa hubungan itu bersifat sangat erat dan bersifat positif. Nilai R Square sebesar 0,833 menunjukkan bahwa peubah-peubah Kemudahan Pencairan Tabungan (X1), Tingkat Bunga Tabungan (X2), Pelayanan Yang Baik dan Benar (X3), Promosi dan Hadiahhadiah (X4) dan Lokasi dan Keamanan Bank (X5) secara bersama-sama memberi kontribusi terhadap peubah Keputusan Menabung (Y) sebesar 83,3% dan sisanya sebesar 16,7% dipengaruhi oleh peubah lain di luar peubah yang diteliti. Hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel dan nilai sig t masing-masing peubah bebas lebih kecil dari nilai signifikan 0,05, sehingga keputusan terhadap Ho yang diambil adalah menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa masingmasing peubah bebas yang digunakan dalam penelitian meliputi Kemudahan Pencairan Tabungan (X1), Tingkat Bunga Tabungan (X2), Pelayanan Yang Baik dan Benar (X3), Promosi dan Hadiah-hadiah (X4) dan Lokasi dan Keamanan Bank (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Keputusan Menabung (Y). Sehingga hipotesis I yang menduga bahwa peubah-peubah Kemudahan Pencairan Tabungan (X1), Tingkat Bunga Tabungan (X2), Pelayanan Yang Baik dan Benar (X3), Promosi dan Hadiah-hadiah (X4) serta Lokasi dan Keamanan Bank (X5) mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan dengan Keputusan Menabung (Y) pada Bank Mandiri dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II dengan menggunakan alat analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa peubah Promosi dan Hadiah-hadiah (X4) mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah Keputusan Menabung (Y) pada Bank Mandiri dibandingkan dengan peubah bebas yang lain. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi peubah Promosi dan Hadiah-hadiah (X4) sebesar 0,250 merupakan nilai koefisien regresi terbesar diantara nilai koefisien regresi peubah bebas yang lain.

 

18.223.125.219