Date: 09-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN STRATEGI PROMOSI TABUNGAN BATARAPOS PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) STUDI PADA KANTOR SURABAYA)

Thesis Detail
Author SANTI KUSUMANINGRUM
Student's ID (NPK) K.2002.1.27630 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword STRATEGI PROMOSI,TABUNGAN BATARAPOS, BANK
Page(s) 197
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi Tabungan e BataraPos. Penelitian dilakukan di PT. Bank Tabungan Negara, Tbk. Kantor Cabang Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa Bank BTN dalam menerapkan strategi promosinya mengkombinasikan semua kegiatan promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan langsung, dan publisitas atau hubungan masyarakat. Kegiatan promosi melalui periklanan, Bank BTN menggunakan media elektronik yaitu radio, media cetak berupa surat kabar, brosur, dan spanduk yang dimaksudkan untuk memperkenalkan, memberi informasi, dan mempengaruhi nasabah untuk menggunakan produk terbaru ini dengan menonjolkan segala kelebihannya. Kegiatan promosi lainnya yaitu promosi penjualan dengan memberikan hadiah langsung dan souvenir menarik bagi nasabah yang langsung melakukan migrasi tabungan dari tabungan lama yaitu Tabanas Batara ke tabungan baru yaitu Tabungan e BataraPos. Sedangkan kegiatan promosi lainnya dengan program penjualan langsung yang dirancang untuk melatih dan mentraining petugas pos yang ditugaskan untuk melayani transaksi tabungan e BataraPos dengan menambah pengetahuan perbankan yang dimaksudkan untuk menjaga komunikasi yang baik dengan nasabah dan mengaharap respon balik dari nasabah. Kunjungan dan pertemuan secara periodik pimpinan kantor cabang ke KPRK juga merupakan alat kegiatan promosi dari penjualan langsung sebagai bentuk komunikasi untuk memberikan informasi dan memperkenalkan produk terbaru Bank BTN dan menjaga sinergi kebersamaan dengan PT. Pos Indonesia. Strategi Bank BTN melalui kegiatan promosi lainnya yaitu publisitas dengan mengadakan pemberitaan saat peluncuran produk dimaksudkan untuk mempengaruhi opini masyarakat tentang image perusahaan Bank BTN sekaligus memperkenalkan produk terbaru yaitu tabungan e BataraPos tersebut dengan berbagai manfaat dan kelebihannya. Kata kunci : Penerapan strategi promosi, produk tabungan.

 

3.16.69.143