Date: 02-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PESAN IKLAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PONSEL (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG)

Thesis Detail
Author RIZA WIRA CITRA
Student's ID (NPK) K.2000.1.24867 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword IKLAN,KEPUTUSAN PEMBELIAN,PONSEL
Page(s) 111
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI PENGARUH PESAN IKLAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PONSEL ( Studi Pada Mahasiswa STIE MalangkuVeVwara Malang ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh dari peubah-peubah pesan iklan berupa isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan iklan terhadap keputusan pembelian produk ponsel oleh mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Malangkuçeçwara Malang serta mengetahui diantara peubahpeubah pesan iklan berupa isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan iklan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk ponsel oleh mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Malangkuçeçwara Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa jumlah mahasiswa aktif mulai tahun 1997 sampai 2004 sebanyak 1425. Sampel ditentukan sebanyak 143 responden (10% dari jumlah populasi) dengan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa semua item pada masing-masing peubah valid dan reliabel. Dari hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis korelasi berganda diperoleh nilai F hitung = 44,544 lebih besar dari nilai F tabel = 2,37. Hal ini berarti peubah-peubah bebas berupa Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3) dan Sumber Pesan (X4) mempunyai hubungan yang signifikan dengan peubah terikat Keputusan Pembelian (Y). Nilai R sebesar 0,751 menunjukkan bahwa hubungan tersebut cukup erat. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,564 menunjukkan bahwa peubah-peubah Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3) dan Sumber Pesan (X4) secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap peubah Keputusan Pembelian (Y) sebesar 56,4%. Sisanya sebesar 43,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar peubah yang diteliti. Hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa nilai t hitung masing-masing peubah lebih besar dari nilai t tabel sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa peubah-peubah bebas berupa Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3) dan Sumber Pesan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat berupa Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis I terbukti kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah Format Pesan (X3) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,299) diantara peubah bebas yang lain sehingga dapat disimpulkan bahwa peubah Format Pesan (X3) merupakan peubah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dengan kata lain bahwa hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya.

 

3.15.147.215