Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERN DARI PERILAKU KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN CUCI (DETERJEN) (STUDI PADA IBU-IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MOJOLANGU KECAMATAN LOWOKWARU KOTAMADYA MALANG)

Thesis Detail
Author HASIATI HASANAH
Student's ID (NPK) K.2001.1.26519 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 99
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktorfaktor intern dari perilaku konsumen yang terdiri dari motivasi, pengamatan, belajar, kepribadian dan konsep diri serta sikap terhadap keputusan pembelian produk sabun cuci (deterjen) serta untuk mengetahui faktor intern dari perilaku konsumen yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk sabun cuci (deterjen). Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang sebagai pengguna produk sabun cuci yang difokuskan pada RW 01. Hal ini dengan adanya pertimbangan bahwa jumlah kepala keluarga di RW 01 terbanyak bila dibandingkan dengan jumlah kepala keluarga pada RW yang lain. Maka dari itu sampel ditentukan sebanyak 78 responden (20% dari jumlah kepala keluarga di RW 01 = 20% x 388 = 78). Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah accidentally sampling (sampel seadanya). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Dari uji validitas dan reliabilitas, diketahui seluruh item-item pada peubah yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel. Hal ini dilihat dari nilai hasil korelasi yang lebih besar dari nilai kritisnya dan nilai Alpha yang lebih besar dari 0,6. Hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis korelasi berganda diketahui nilai F hitung 40,597 > nilai F tabel 2,37 sehingga diambil keputusan menolak Ho dan menerima Ha. Maka dapat disimpulkan bahwa peubah Motivasi (X1), Pengamatan (X2), Belajar (X3), Kepribadian dan Konsep Diri (X4) dan Sikap (X5) mempunyai hubungan yang signifikan dengan Keputusan Pembelian (Y). Nilai koefisien korelasi (R) yang bernilai positif sebesar 0,859 menunjukkan bahwa hubungan tersebut bersifat positif. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,738 menunjukkan bahwa Keputusan Pembelian (Y) produk sabun cuci dipengaruhi oleh peubah-peubah Motivasi (X1), Pengamatan (X2), Belajar (X3), Kepribadian dan Konsep Diri (X4) dan Sikap (X5) sebesar 73,8% dan sisanya sebesar 26,2% dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi berganda diketahui semua peubah bebas memiliki nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa peubah Motivasi (X1), Pengamatan (X2), Belajar (X3), Kepribadian dan Konsep Diri (X4) dan Sikap (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk sabun cuci. Dengan demikian hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah bebas yang memiliki nilai koefisien regresi paling besar adalah adalah peubah Pengamatan (X2) yaitu sebesar 0,196. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peubah Pengamatan (X2) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk sabun cuci. Dengan demikian hipotesis 2 terbukti.

 

3.144.150.112