Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MEDIA PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELUMAS MESRAN (STUDI PADA KONSUMEN PERTAMINA PUSAT JAKARTA)

Thesis Detail
Author MUCHLISA INDRIYO SAPUTRO MDS.
Student's ID (NPK) K.2000.1.24769 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MEDIA PERIKLANAN,KEPUTUSAN PEMBELIAN,PELUMAS
Page(s) 95
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Salah satu cara yang dapat digunakan perusahaan dalam rangka memasarkan produk perusahaan adalah dengan memberikan informasi-informasi yang jelas dan akurat kepada konsumen melalui berbagai aktivitas periklanan atau advertising. Dengan advertising ini diharapkan konsumen dapat mengenali, mengetahui, dan kemudian tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media periklanan (radio, koran, yellow pages dan brosur) terhadap keputusan pembelian pelumas Mesran di pertamina Pusat Jakarta, dan untuk mengetahui media periklanan yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian tersebut. Data pokok diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada 55 responden yaitu konsumen yang secara langsung menggunakan pelumas Mesran dan membeli di bagian pemasaran Pertamina Pusat Jakarta. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi berganda dan regresi berganda dengan uji signifikan F dan t. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0,831 yang berarti besarnya sumbangan/proporsi peubah bebas terhadap peubah terikat sebesar 83,1% dan sisanya 16,9% dipengaruhi oleh peubah bebas yang tidak termasuk dalam penelitian. Dari hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa masing-masing peubah bebas (X1,X2,X3 dan X4) memiliki koefisien yang bernilai positif (b1 = 0,261; b2 = 0,238; b3 = 0,272; b4 = 0,332) pada F hitung = 61,256 > F tabel = 2,79 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama peubah bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat. Dengan demikian hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Dari hasil uji t, dapat disimpulkan bahwa secara parsial masingmasing peubah bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat karena hasil t hitung (tX1 = 2,409; tX2 = 2,345; tX3 = 2,564; tX4 = 4,042) lebih besar dari t tabel = 1,671. Pengaruh yang terbesar berasal dari peubah X4 (brosur) karena mempunyai koefisien regresi terbesar yaitu 0,332. Sehingga hipotesis II yang diajukan dapat dibuktikan kebenarannya. Berkenaan hasil diatas, perusahaan hendaknya dapat mencermati dan mengevaluasi media advertising yang telah digunakan, sehingga dapat diketahui media mana yang efektif dan tidak efektif. Evaluasi dapat dilakukan dengan mengumpulan tanggapan responden (menggunakan kuisioner) sebagai umpan balik dari aktivitas iklan yang dilakukan perusahaan. Media radio dan surat kabar hendaknya tetap dilakukan oleh perusahaan. Brosur hendaknya disebarluaskan sehigga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Hal ini perlu dilakukan karena sebagian masyarakat memiliki kendaraan roda empat yang membutuhkan pelumas Mesran.

 

3.142.255.18