Date: 12-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA KONSEP MATCHING ATAS PENDAPATAN DAN BEBAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LABA PERIODIK PERUSAHAAN ASURANSI JIWA(STUDY KASUS PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) REGIONAL OFFICE SURABAYA

Thesis Detail
Author ANNISA MAYANGSARI
Student's ID (NPK) A.2002.1.26936 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI KEUANGAN III
Keyword KONSEP MATCHING,LABA
Page(s) 124
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Pendapatan dan beban merupakan elemen pokok yang sering menjadi topik dalam masalah akuntansi. Hal ini disebabkan keduanya akan menghasilkan angka-angka yang sedikit banyak, menentukan penilaian terhadap penilaian jalannya operasional perusahaan yaitu laba. Suatu konsep yang digunakan dalam usaha menghasilkan laba periodik yang wajar adalah konsep matching. Konsep matching merupakan suatu proses pelaporan beban berdasarkan hubungan sebab akibat dengan pendapatan yang dilaporkan atau merupakan suatu proses perbandingan yang melaporkan pendapatan terlebih dahulu kemudian menyusul pelaporan bebannya pada periode yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian konsep matching terhadap proses akuntansi pada perusahaan asuransi jiwa, khususnya pada elemen pendapatan dan beban yang pada akhirnya berpengaruh pada kewajaran laba perusahaan. Metode analisis yang digunakan mengolah data secara kualitatif, menggolongkan data, menguraikan secara diskriptif hasil penelitian yang dilakukan, serta mengambil kesimpulan yang bersifat kualitatif dan secara kuantitaif diolah data (berbentuk angka), sebagai suatu pedoman dalam menarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dari hasil penelitian diketahui penerapan konsep matching khususnya pada pendapatan premi, beban komisi dan beban promosi jelas akan mempengaruhi perolehan laba perusahaan. Dikarenakan beban komisi dan beban promosi merupakan beban yang harus ditanggung perusahaan dalam memperoleh pendapatan premi. Untuk biaya komisi 2003 yang semula sebesar Rp. 897.409.674,86 setelah dimatchingkan menjadi Rp.218.010.849,01 dan tahun 2004 biaya komisi yang semula sebesar Rp. 1.220.479.083,37 setelah dimatchingkan menjadi Rp. 1.119.979.534,29. Sedangkan untuk biaya promosi pada tahun 2003 sebesar 489.716.528,85 setelah dimatchingkan menjadi Rp. 377.233.279,54. Untuk tahun 2004 sebesar Rp. 438.281.547,73 setelah dimatchingkan menjadi Rp. 428.299.887,02. Berdasarkan dari analisis konsep matching yang telah dilakukan diatas, nampak perubahan jumlah perolehan laba perusahaan, semula pada tahun 2003 perusahaan laba Rp. 33.052.839.550,30 manjadi laba Rp. 33.844.721.625,46 setelah ada konsep matching. Demikian pula laba yang diperoleh pada tahun 2004 sebesar Rp. 57.753.656.717,98 menjadi Rp. 57.864.137.927,77 setelah ada konsep matching.

 

18.220.212.186