Date: 11-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREDIT DI BANK BUANA BATU

Thesis Detail
Author STEVY NOVIADI
Student's ID (NPK) K.2002.126891 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PERBANKAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,KREDIT
Page(s) 117
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, sikap, motivasi dan pengamatan secara bersamasama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan pengambilan kredit di Bank Buana Batu dan diantara faktor-faktor tersebut manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pengambilan kredit di Bank Buana Batu. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang mengambil kredit di Bank Buana Batu dari tahun 2003 hingga 2005 dan berdasarkan data terakhir sebanyak 166 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yakni pemilahan sekelompok subyek didasarkan pada ciri-ciri atau sifat tertentu yang dipandang mempunyai hubungan erat dengan populasi yang diketahui. Digunakan metode pengambilan purposive sampling ini, karena kesederhanaan prosedur dan akan memberikan hasil yang cukup baik, karena populasinya tidak tersebar dalam bidang atau bagian yang luas. Menurut Arikunto (1995:107), “Apabila subyek kurang dari 100, lebih baik diambil semua, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah subyeknya besar atau lebih dari 100 dapat diambil antara 10%-15% atau 20%-25% atau lebih”. Selanjutnya dari pendapat tersebut peneliti hanya mengambil 50% dari total populasi, yaitu sebanyak 83 sebagai responden. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I dengan uji F, yaitu dengan analisis korelasi berganda yang menyatakan bahwa faktor kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga (X3), sikap (X4), motivasi (X5), dan pengataman (X6) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap pengambilan kredit di Bank Buana Batu (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,893 dengan uji F hitung sebesar 49,803 > F tabel sebesar 2,25, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Berdasarkan pengujian hipotesis II dengan uji t, yaitu dengan analisis korelasi parsial dan regresi berganda yang menyatakan bahwa variabel kelompok referensi (X2) berpengaruh paling dominan terhadap variabel pengambilan kredit di Bank Buana Batu (Y), yang berarti bahwa kelompok referensi mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap pengambilan kredit di Bank Buana Batu. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisien korelasi parsial dari variabel kelompok referensi (X2) paling besar dibandingkan variabel lainnya, yaitu berturut-turut sebesar 0,218 dan 0,377 dengan uji t hitung sebesar 3,546 > t tabel sebesar 1,6652. Jadi variabel kelompok referensi (X2) berpengaruh dominan terhadap variabel pengambilan kredit di Bank Buana Batu (Y), maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis kedua dapat dibuktikan kebenarannya.

 

18.116.24.105