Date: 11-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN PELAYANAN ( CUSTOMER SERVICE SERVICE) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI RUMAH DI PERUM VILLA PUNCAK TIDAR

Thesis Detail
Author Y O V I T A
Student's ID (NPK) K.2002.1.26885 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PEMASARAN DAN PELAYANAN ( CUSTOMER SERVICE SERVICE)
Page(s) 105
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Permasalahan yang dihadapi PT. Panorama Argotirta yang memasarkan Villa Puncak Tidar adalah tidak tercapainya target penjualan yang ditetapkan dari tahun 2003 hingga akhir Juli 2006. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan pemberian pelayanan (customer service) terhadap kepuasan konsumen membeli rumah di Perum Villa Puncak Tidar dan untuk mengetahui diantara bauran pemasaran dan pemberian pelayanan (customer service) yang lebih besar pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen membeli rumah di Perum Villa Puncak Tidar. Hipotesis yang dikemukakan adalah Hipotesis I: Diduga produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat (X4) dan pelayanan (customer service) (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli rumah di Perum Villa Puncak Tidar (Y). Hipotesis II: diduga tempat (X4) memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen membeli rumah di Perum Villa Puncak Tidar (Y). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen yang membeli rumah di Villa Puncak Tidar sebanyak 409 orang dan diambil 41 orang sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi berganda dan regresi berganda dengan uji signifikan F dan t. Hasil penelitian menyebutkan Peubah bebas X1 – X5 secara bersama-sama memiliki hubungan sangat erat dan signifikan dengan peubah terikat Y dengan koefisien korelasi berganda sebesar 0,972 dan F hitung = 120,773 > F tabel = 2,45 pada p = 0,000 sehingga hipotesis I yang dikemukakan diterima. Besarnya sumbangan (proporsi) peubah bebas X1 – X5 terhadap peubah terikat Y sebesar 94,5% dimana peubah bebas yang lainnya sebesar 5,5% dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak ikut diteliti. Tempat (X4) merupakan peubah bebas yang paling besar pengaruhnya terhadap peubah Y dengan koefisien regresi terbesar yaitu 0,290 sehingga hipotesis II dapat diterima. Berdasarkan hasil tersebut, agar penjualan dapat meningkat maka pengelola Perum Villa Puncak Tidar hendaknya meningkatkan aktivitas bauran pemasaran dan pelayanan (customer service) karena telah terbukti memiliki pengaruh yang relatif besar terhadap kepuasan konsumen. Aktivitas promosi hendaknya ditingkatkan, misalnya mengikuti pameran-pameran dengan segmen pasar menengah ke atas. Tingkat keamanan hendaknya lebih ditingkatkan dengan menambah jumlah pos keamanan di tempat strategis dan selalu menjaga kebersihan karena kebersihan juga salah satu bagian dari kenyamanan lokasi perumahan.

 

3.147.81.154