Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SIM CARD SIMPATI PADA GRAHA TELKOMSEL MALANG

Thesis Detail
Author MOHAMAD SUBHAN
Student's ID (NPK) K.981.22236 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MEMPENGARUHI KONSUMEN, MENGGUNAKAN SIM CARD
Page(s) 133
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Rumusan permasalahannya yaitu sejauh mana faktor-faktor perilaku konsumen mempunyai pengaruh terhadap keputusan penggunaan Simcard Simpati?. Berdasarkan permasalahan tersebut dapat ditarik hipotesis empirisnya, yaitu diduga bahwa peubah kebudayaan (X1), kelas sosial (X2), kepercayaan (X3), pengaruh pribadi (X4) dan keluarga (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan penggunaan Simcard Simpati dan diduga bahwa peubah kepercayaan (X3) mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan penggunaan Simcard Simpati dibandingkan dengan kebudayaan (X1), kelas sosial (X2), pengaruh pribadi (X4) dan keluarga (X5) . Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Dalam penelitian ini untuk mengukur peubah digunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah 348. Data ini diambil berdasarkan konsumen yang menggunakan Simcard Simpati selama 2 minggu, karena jumlah populasi besar untuk kemudahan dan efesiensi maka selanjutnya diambil sebanyak 70 (dari 348 x 20 %) responden sebagai sampel, yang mana ini dianggap sudah cukup memenuhi syarat. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara Accindental Sampling (kebetulan), dimana teknik sampling kebetulan dilakukan apabila pemilihan anggotanya dilakukan terhadap orang yang kebetulan ada atau dijumpai. Keunggulan dari teknik ini adalah biaya murah ,cepat dan mudah.Didalam penelitian ini metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi , dokumentasi , kuesioner Adapun alat-alat analisis yang digunakan dalam perhitungan adalah Koefisien Korelasi berganda, 1) Berdasarkan perhitungan korelasi berganda diketahui bahwa pengujian terhadap Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat dilihat dari F-hitung sebesar 41.968 yang lebih besar dari F-tabel sebesar 2.37. Dengan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho berarti hipotesis empiris yang diduga bahwa adanya hubungan secara bersama-sama dari peubah bebas terhadap peubah terikat diterima. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasinya (R) sebesar 0.875 atau 87.5 %, yang berarti bahwa peubah bebas yang meliputi peubah kebudayaan (X1), kelas sosial (X2), kepercayaan (X3), pengaruh pribadi (X4) dan keluarga (X5) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna pada tingkat kepercayaan a = 5% terhadap pengambilan keputusan keputusan penggunaan Simcard Mentari. Sedangkan berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) dapat diketahui kontribusi seluruh peubah bebas terhadap variasi perubahan peubah terikat sebesar 0.766 atau 76.6 %. Sedangkan sisanya sebesar 24.4 % (dari 1-R2 = 1-0.766) dipengaruhi peubah bebas lain yang tidak diteliti. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dapat dilihat peubah kepercayaan (X3) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap terhadap keptusan pembelian. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan koefisien regresi. X3 memiliki koefisien regresi sebesar 0.520 yang lebih besar dari X1, X2 , X4 dan X5. Dengan demikian hipotesis empiris yang menyatakan bahwa kepercayaan (X3) mempunyai hubungan dominan apabila dibandingkan dengan peubah bebas lainnya dapat diterima. Dengan demikian hipotesis terbukti.

 

3.149.243.106