Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH PROMOTION MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KACANG SHANGHAI “PUMA” (STUDI PADA KONSUMEN PT. PEDANG MAS TULUNGAGUNG)

Thesis Detail
Author SENTONO WIJAYA
Student's ID (NPK) K.2002.1.26887 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PROMOTION MIX,KEPUASAN,KONSUMEN
Page(s) 95
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promotion mix terhadap kepuasan konsumen dan untuk mengetahui faktor promotion mix yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Terdapat dua hipotesis yang dikemukakan, Hipotesis I diduga advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3) dan publicity (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hipotesis II diduga personal selling (X3) memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hipotesis I dibuktikan dengan analisis korelasi berganda dan uji signifikan F, dan hipotesis II dibuktikan dengan analisis regresi berganda dan uji signifikan t. Sebagai obyek penelitian adalah konsumen atau pembeli kacang Shanghai “PUMA” di PT. Pedang Mas Tulungagung sebanyak 85 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa peubah advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3) dan publicity (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan koefisien korelasi berganda sebesar 0,882 dengan nilai F hitung = 70,378 lebih besar dari F tabel = 2,48 pada probabilitas 0,000 sehingga hipotesis I yang dikemukakan dapat dibuktikan kebenarannya. Besarnya sumbangan (proporsi) peubah advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3) dan publicity (X4) terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 77,9% dimana sisanya sebesar 22,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutkan dalam penelitian. Berdasarkan nilai t hitung (tx1 = 2,640; tx2 = 2,017; tx3 = 3,187; tx4 = 2,684) yang diperoleh dari setiap peubah ternyata lebih besar dari t tabel (1,671), maka dapat disimpulkan bahwa peubah advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3) dan publicity (X4) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Ternyata peubah personal selling (X3) mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah kepuasan konsume dengan koefisien regresi = 0,270 sehingga hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya. Berkaitan dengan hasil tersebut, maka perusahaan harus tetap melakukan aktivitas bauran promosi (promotion mix), jika mungkin aktivitas tersebut ditingkatkan karena telah terbukti bahwa promotion mix memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan konsumen, misalnya dengan menambah frekuensi siarannya diradio, memperluas pangsa pasar hingga Blitar, Kediri, Malang dan sekitarnya.

 

3.19.56.45