Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK BRI MALANG

Thesis Detail
Author WU HERLINA
Student's ID (NPK) K.2002.1.27370 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword FAKTOR MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Page(s) 98
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen (bunga, hadiah, keamanan, pelayanana dan fasilitas) dalam pengambilan keputusan menabung pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Malang serta untuk mengetahui faktor manakah (bunga, hadiah, keamanan, pelayanana dan fasilitas) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan menabung pada Bank BRI cabang Malang. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank BRI cabang Malang, jumlahnya adalah sebanyak 10% dari anggota populasi atau dapat diambil sejumlah 50 responden dari 500 orang. Adapun teknik dalam pengambilan sampel adalah Accidental Sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sample. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian pada pengujian hipotesis, dari hasil regresi berganda, diperoleh nilai R square sebesar 0,754. Sehingga dapat dikatakan bahwa 75,4 % keputusan menabung pada Bank BRI Cabang Malang dipengaruhi oleh tingkat suku bunga (X1) hadiah (X2) keamanan (X3) pelayanan (X4) dan fasilitas (X5). Sedangkan sisanya sebesar 24,6 % dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak diambil dalam penelitian atau model lain, Dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi masing-masing peubah bebas, diketahui peubah bebas tingkat suku bunga (X1) mempunyai nilai koefisien regresi terbesar (0,499). Sehingga peubah tingkat suku bunga (X1) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap peubah Y (keputusan menabung). Dari hasil uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 26,923 sedangkan F tabel sebesar 2.53, berarti terdapat hubungan yang signifikant secara serempak antara peubah tingkat suku bunga (X1) hadiah (X2) keamanan (X3) pelayanan (X4) dan fasilitas (X5)) terhadap keputusan menabung (Y). Dari hasil uji t, menunjukkan bahwa semua peubah menunjukkan bahwa t hitung sebesar 26,923 sedangkan t tabel sebesar 1,645 maka berarti peubah tingkat suku bunga (X1) hadiah (X2) keamanan (X3) pelayanan (X4) dan fasilitas (X5)) secara parsial atau sendiri-sendiri mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan menabung (Y).

 

3.144.102.239