Date: 28-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PERUSAHAAN PADA PT. WOM FINANCE MALANG

Thesis Detail
Author YANUAR WIDYASTUTI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27678 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword STRATEGI PEMASARAN, DAN MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PERUSAHAAN
Page(s) 150
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Dewasa ini banyak berdiri perusahaan yang bergerak dalam bidang pendanaan finansial. Perusahaan tersebut saling berlomba dengan memberikan syarat ringan bagi masyarakat yang membutuhkan pendanaan financial. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang tersebut adalah WOM finance, yang dalam kegiatannya mengalami persaingan dari perusahaan sejenis dalam memberikan jasa pendanaan terutama untuk pendanaan kendaraan bermotor. Adanya persaingan tersebut merupakan ancaman bagi perusahaan yang akan berpengaruh pada pendapatannya dan juga keberadaan perusahaan. Mengantisipasi hal tersebut, maka perusahaan perlu melakukan perencanaan strategi pemasaran untuk mempertahankan eksistensi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang efektif melalui pertimbangan analisis SWOT berdasarkan kondisi perusahaan dan untuk mencari alternatif strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan PT. WOM Finance Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu penelitian yang mendalam tentang suatu aspek lingkungan social termasuk manusia di dalamnya. Alasan yang mendasar mengenai pemilihan jenis penelitian studi kasus ini adalah akan dicari jalan keluar atas permasalahan PT. WOM Finance yang berhubungan dengan perencanaan strategi pemasaran. Dari analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) berdasarkan Matriks SPACE maka posisi perusahaan adalah memiliki kekuatan financial dan memiliki keunggulan bersaing pada industri yang stabil dan sedang tumbuh dengan strategi yang direkomendasikan adalah agresif yang meliputi Market penetration, market development, produck developmen, horizontal integration. (2) Dari analisis Matriks Internal-Eksternal diketahui bahwa posisi perusahaan adalah dalam kuadran VII yang menunjukkan posisi internal kuat dan eksternal rendah, karena kekuatan perusahaan yang tinggi tapi kurang didukung oleh peluang yang tinggi, sehingga strategi yang direkomendasikan adalah Market Penetration dan Product Development. (3) Dari analisis Quantitative Strategic Planning Matrixs (QSPM) yang dilakukan, maka strategi yang lebih dapat memberikan kebaikan pada perusahaan adalah market penetration. Strategi dirasa lebih baik dibandingkan market development dan horizontal integration strategy, karena produk pembiayaan yang dilakukan perusahaan sudah bervariasi, perusahaan juga telah melakukan penelitian perkembangan market share pesaingnya yang dapat memberikan informasi pengenai perkembangan pesaingnya. Sehingga untuk meningkatkan kemampuan pemberian kredit, maka perusahaan harus lebih memfokuskan terhadap peningkatan tenaga penjualan, memperluas distribusinya dengan cara meningkatkan jumlah dealer yang diajak bekerjasama, serta meningkatkan pemberian promosi. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan market share perusahaan. Pelaksanaan market penetration dilakukan dengan cara (a) lebih meningkatkan bentuk promosi perusahaan yang dilaklukan dengan cara peningkatan pemberian subsidi kepada konsumen, pemberian program hadiah kepada konsumen yang membayar tepat waktu, (b) meningkatkan pelayanan pembayaran melalui fasilitas ATM, (c) meningkatkan jumlah tenaga pemasaran dan kolektor untuk meningkatkan market share. (4) Implementasi strategi tersebut dapat dilakukan dengan cara: Mempertahankan variasi jenis kendaraan yang dibiaya, memberikan tingkat suku bunga yang kompetitif dibandingkan pesaingnya, meningkatkan tenaga penjualan, meningkatkan jumlah dealer-dealer yang diajak bekerjasama, meningkatkan promosi baik melalui pemberian hadiah maupun iklan di media, memberikan subsidi yang kompetitif terhadap pesaing perusahaan, pemberian program hadiah kepada konsumen yang membayar tepat waktu, peningkatan fasilitas pembayaran melalui ATM, penetapan kebijakan yang konsisten, peningkatkan kecepatan pengurusan dokumen kendaraan, kecepatan pengiriman kendaraan kepada konsumen, meningkatkan analisis kredit untuk mengurangi bad

 

13.58.112.1