Date: 28-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN PADA UD. BULUREJO JAYA PLASTIK MALANG

Thesis Detail
Author NUNIK NURIYA ‘AINI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27228 (AKUNTANSI)
Subject ANGGARAN
Keyword ANGGARAN,PENJUALAN,ALAT PERENCANAAN
Page(s) 90
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dengan meningkatnya kegiatan pembangunan dewasa ini, perkembangan ekonomi juga mengalami peningkatan yang sangat pesat. Banyaknya pesaing yang memproduksi barang yang sama dalam dunia usaha menyebabkan manajer penjualan akan menyusun rencana penjualan baru. Penjualan produk ini memerlukan perhatian yang khusus sehingga akan dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Penyusunan anggaran penjualan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan karena atas dasar anggaran penjualan ini seluruh kegiatan yang ada di dalam perusahaan akan disusun perencanaannya. Penyusunan anggaran penjualan perlu dilakukan dengan cermat dan benar. Pemilihan model peramalan harus sesuai dengan kondisi perusahaan untuk mendapatkan hasil yang efektif dan efisien. Dengan perencanaan tersebut, maka manajemen akan dapat melangkah ke depan dengan lebih pasti dalam menyusun anggaran penjualan yang efektif dan efisien pula. Gambaran keadaan penjualan tersebut dapat digunakan sebagai masukan bagi manajemen dalam menentukan kebijakan yang akan diambil. UD. Bulurejo Jaya Plastik merupakan perusahaan yang memproduksi plastik juga mengalami permasalahan efektifitas dan efisiensi dalam penyusunan anggaran penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun anggaran penjualan yang efektif dan efisien. Melihat pentingnya efektivitas dan efisiensi anggaran penjualan, maka diambil judul: “ANGGARAN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN LABA PADA UD. BULUREJO JAYA PLASTIK MALANG”. Analisis yang digunakan untuk menyusun anggaran penjualan adalah dengan menggunakan metode analisis rate of growth serta analisis unit penjualan dan jumlah penjualan. Analisis rate of growth digunakan untuk meramalkan tingkat pertumbuhan penjualan sedangkan analisis unit penjualan dan jumlah penjualan digunakan untuk mengetahui unit penjualan dan jumlah penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan rate of growth diperkirakan total produk plastik pada tahun 2006 sebesar Rp. 1.466.178.300,00 atau 162.134 unit. Dengan metode tersebut, manajer penjualan dapat mengetahui hasil peramalan yang efektif dan efisien. Hasil anggaran penjualan juga efektif dan efisien karena penjualan lebih tinggi. Pada akhirnya manajer penjualan dapat menyusun perencanaan dan pengendalian atas laba dengan baik.

 

3.140.185.147