Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PANGSA PASAR (STUDI PADA PERUSAHAAN FARMASI PT. HENSON FARMA SURABAYA)

Thesis Detail
Author VICTOR WOHANGARA
Student's ID (NPK) K.2000.1.24484 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS SWOT, DASAR PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN
Page(s) 100
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Perusahaan harus tetap waspada terhadap hal yang membawa peluang maupun ancaman yaitu dengan munculnya persaingan yang mempunyai produk sejenis. Oleh karena itu dalam menghadapi persaingan, penerapan strategi yang akurat mempunyai peranan yang sangat penting. Sehingga perusahaan dapat mengidentifikasikan perubahan lingkungan eksternal maupun lingkungan internal, dengan menggunakan analisis SWOT sebagai alat bantu bagi manajemen untuk melakukan penyesuaian yang dianggap perlu. Analisis ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat menetapkan sasaran secara realitas dan efektif. Sehingga kontinuitas perusahaan tetap terjaga dan tujuan yang ditetapkan dapat dicapai dan diharapkan perusahaan memiliki keunggulan bersaing baik dalam produk maupun segi bisnis. Perusahaan harus mengambil peluang dan kebijaksanaan yang lebih terarah lewat penerapan strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan pangsa pasar. Berdasarkan pada latar belakang permasalahan yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat disusun rumusan permasalahan penelitian sebagai berikut, “ Bagaimana perusahaan menggunakan analisis SWOT sebagai alat bantu manajemen dalam menentukan strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan pangsa pasar ? ”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh analisis SWOT guna meningkatkan pangsa pasar dan untuk mengetahui kebijaksanaan manajemen. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus Untuk mengetahui konsep yang kongkrit maka perlu diterapkan terlebih dahulu peubah yang akan diteliti, agar penelitian yang dilakukan menjadi jelas adapun peubahnya adalah sebagai berikut lingkungan Internal Perusahaan. Dalam strategi pemasaran tidak terlepas peranan lingkungan internal yaitu lingkungan yang berada di dalam perusahaan yang sangat membantu dalam merumuskan strategi pemasaran, dengan demikian di dalam penelitiandiperlukan informasi dari lingkungan internal sehingga akan diketahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, diantaranya adalah produksi, pemasaran., sumber daya manusia . kondisi keuangan perusahaan . Dalam strategi pemasaran tidak terlepas peranan lingkungan eksternal perusahaan yaitu lingkungan yang berada diluar perusahaan yang sangat membantu dalam merumuskan strategi pemasaran, dengan demikian didalam merumuskan strategi pemasaran diperlukan informasi dari lingkungan eksternal sehingga akan diketahui peluang dan ancaman bagi perusahaan yang sangat membantu dalam merumuskan strategi pemasaran apa yang tepat nantinya, diantaranya adalah kondisi ekonomi , kondisi pesaing . demografi , teknologi, strategi pemasaran. Sumber Data Penelitian meliputi data primer dan data sekunder . Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah interview dan dokumentasi .Metode analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mendeteksi lingkungan yang mengandung peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan yang ada dalam perusahaan, sehingga akan mempengaruhi perumusan strategi dan pelaksanaanya. Selain itu, manajemen juga dapat mendeteksi adanya keunggulan perusahaan yang menjadi sumber kekuatan bagi perusahaan serta kelemahan yang masih ada didalam perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Proses pengambilan keputusan stategis selalu berkaitan dengasn pengembangan misi, tujuan , strategi dan kebijakan perusahaan. Analisis SWOT digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari lingkungan ekternal perusahaan. Dari hal ini kita dapat melihat kekuatan dan kelemahan pada perusahaan farmasi PT. Henson Farma. 1) Kekuatan perusahaan antara lain kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek dan jangka panjang relatif baik , posisi keuangan peisusahaan yang cukup baik , perusahaan telah mempunyai struktur organisasi yang baik, sistem penggajian dan tunjangan yang baik sesuai dengan atur

 

3.144.154.208