Date: 03-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENETAPKAN STRATEGI PEMASARAN PADA STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG

Thesis Detail
Author RUDYATNO
Student's ID (NPK) K.2001.1.26675 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword ANALISIS SWOT DALAM MENETAPKAN STRATEGI PEMASARAN
Page(s) 129
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini didasari adanya kenyataan bahwa persaingan antar perguruan tinggi sangat ketat (terutama program studi manajemen dan akuntansi) yang menyebabkan menurunnya jumlah mahasiswa di STIE Malangkuçeçwara Malang. Tujuan penelitian untuk menetapkan strategi pemasaran yang tepat bagi STIE Malangkuçeçwara Malang. Alat analisis yang digunakan metode analisis IFE (internal factor evaluation), EFE (external factor evaluation) dan analisis SWOT. Dari analisis IFE jumlah nilai yang dibobot = 2,98 yang berarti bahwa perusahaan memiliki posisi internal yang kuat. Dari analisis EFE diperoleh nilai EFE sebesar 2,4 yang berarti bahwa posisi eksternal STIE Malangkuçeçwara Malang adalah lemah, sehingga menghadapi hambatan dalam aktivitasnya. Dari analisis SWOT diketahui: Kekuatan (Strength): (1) Lokasi strategi dan dapat dijangkau oleh kendaraan umum, (2) Jumlah dan pendidikan dosen memadai, (3) Memiliki ciri khas bangunan yang unik dan memadai, (4) Prosedur jelas dan tertulis, (5) Karyawan terampil dan profesional. Kelemahan (Weakness): (1) Biaya yang ditetapkan relatif tinggi, (2) Program studi dan program pendidikan terbatas, (3) Media promosi terbatas. Peluang (Opportunity): (1) Laju inflasi cenderung turun, (2) Teknologi (komputerisasi). Ancaman (Threath): (1) Pesaing potensial, (2) Kebijakan pemerintah yang bersifat centralized., (3) Kenaikan TDL, TDT dan BBM. Strategi yang tepat bagi STIE Malangkuçeçwara Malang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal adalah strategi diversifikasi horizontal yaitu strategi dengan jalan menambah jasa baru yang berbeda dengan jasa yang sudah ada tetapi untuk pangsa pasar yang sama. Sesuai dengan strategi yang direkomendasikan (diversifikasi horizontal), maka STIE Malangkuçeçwara Malang hendaknya membuka usaha baru yaitu internet dan kantin di dalam kampus. Usaha baru tersebut disarankan tetap menggunakan ruangan didalam kampus yang sudah ada, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menfasilitasi usaha baru ini. Sumber daya manusia (karyawan) yang terlibat pada dua bidang usaha baru tersebut, hendaknya direkrut dari karyawan STIE yang sudah ada dan kompeten di dalamnya, sehingga efisiensi tenaga kerja dapat dilakukan. Kualitas pelayanan dan kecakapan karyawan perlu ditingkatkan lagi, khususnya dalam memberikan pelayanan bagi mahasiswa dengan memberikan pelatihan bagi karyawan khususnya dalam melayani mahasiswa. Penyebaran brosur hendaknya disebarkan ke sekolah-sekolah (SLTA dan yang sederajat) di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri karena memiliki gedung perkuliahan bertaraf internasional. Meningkatkan efisiensi biaya operasional agar harga/biaya lebih kompetitif, misalnya dengan meningkatkan pengawasan dalam penggunaan anggaran kerumahtanggaan, penggunaan listrik dan telepon.

 

3.141.31.240