Date: 28-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR UNTUK MERENCANAKAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SORAYA BATIK DI PAMEKASAN MADURA)

Thesis Detail
Author VINO AGUS WEDI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27149 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISA SWOT,PERENCANAAN,STRATEGI PEMASARAN
Page(s) 100
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perkembangan dunia usaha saat ini sangatlah pesat, ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang berdiri, sehingga dunia usaha telah menjadi ajang persaingan yang ketat. Dengan kondisi yang demikian, perusahaan harus memikirkan suatu cara untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Peranan analisis SWOT dalam dunia diperlukan untuk melakukan analisa dan diagnosis terhadap wujud ancaman dan peluang agar dapat diketahui keadaan di masa depan, disamping membatasi faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam menerapkan suatu strategi, yaitu faktor intern perusahaan itu sendiri. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan yang ada pada perusahaan, mengetahui apa saja peluang-peluang dan tantangan yang dihadapi perusahaan serta mengetahui besarnya peranan analisis SWOT sebagai alat bantu bagi manajemen dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan. Dari kajian teori dikemukakan perencanaan strategi pemasaran dapat disimpulkan sebagai suatu proses manajemen untuk mencapai sasaran yang mencakup tujuan jangka panjang perusahaan terutama sasaran pemasaran pada pasar sasaran. Analisa SWOT merupakan suatu alat analisa yang sistematis untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis kekuatan dan kelemahan perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya dan untuk mengidentifikasi bidang-bidang dimana perusahaan mungkin akan mengalami ancaman, demikian juga bidang dimana perusahaan mempunyai keunggulan nyata. Dari hasil analisis SWOT yang akan diperoleh, dapat dipakai sebagai dasar untuk menentukan strategi pemasaran apa yang tepat untuk digunakan oleh perusahaan dalam mengantisipasi perubahan lingkungannya terhadap para pesaing. Sehingga masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan dapat segera diatasi dan hal ini sangat membantu untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Peneliti ini meneliti masalah dengan menggunakan beberapa analisis, diantaranya: 1) Analisis ETOP (Environmental Threat and Opportunity Profil) dapat diketahui ancaman dan peluang yang ada (Faktor Ekstern). 2) Analisis SAP (Strategic Advantage Profile) digunakan untuk menganalisa faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan (Faktor Intern). 3) Analisis SWOT (Strong Weakness Opportunity Threats) merupakan analisa yang digunakan untuk menganalisa lingkungan yang mengandung peluang dan ancaman selain itu juga mencari kekuatan dan kelemahan yang ada dalam organisasi. Dari hasil penelitian yang menggunakan analisa-analisa tersebut maka perusahaan hendaknya melakukan suatu perencanaan strategis yang baik dalam menghadapi persaingan, serta analisis SWOT tersebut dapat dipakai sebagai alat bantu bagi manajemen dalam menentukan strategi pemasarannya dengan tidak mengabaikan faktor-faktor internal dan eksternal lainnya yang berpengaruh.

 

3.149.26.176