Date: 28-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUNE PENJUALAN PADA PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUNE PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TENUN IBRAHIM MANRAPI GRESIK

Thesis Detail
Author MUHAMMAD FIRMAN SYAH
Student's ID (NPK) K.991.24254 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH BAURAN PROMOSI, DAN VOLUNE PENJUALAN
Page(s) 80
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Banyak cara untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen antara lain dengan advertising, personal selling, publikasi dan sales promotion atau disebut dengan bauran promosi. Pada dasarnya peranan semua alat promosi itu adalah sebagai alat untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon konsumen, namun tujuannya adalah untuk meningkatkan volume penjualan. Akan tetapi selama ini Perusahaan tenun Ibrahim Manrapi Gresik tidak mampu untuk meningkatkan penjualan justru yang terjadi sebaliknya (penurunan volume penjualan). Dan dapat diketahui selama ini perusahaan menjual produk-produknya hanya melalui agen-agennya saja, dan perusahaan tidak pernah berusaha untuk menerapkan bauran pemasaran. Hal ini karena perusahaan merasa produknya sudah dikenal oleh masyarakat luas. Padahal sekarang telah muncul pesaing-pesaing baru yang juga tak kalah kuat dibandingkan dengan perusahaan. Agar kegiatan advertising, personal selling, publisitas dan sales promotion dapat mencapai sasaran dan efesien maka sebelum mengadakan advertising, personal selling, publisitas dan sales promotion, perusahaan hendaknya mengadakanperencanaan yang baik dengan pertimbangan segala faktor yang mempunyai kaitan dengan kegiatan ini. Sehingga advertising, personal selling, publisitas dan sales promotion dapat berhasil dalam arti tepat sasaran. Namun harapan ini tidaklah mudah untuk dicapai karena adanya persaingan dari perusahaanperusahaan yang sejenisnya. Oleh karena itu agar produk yang dihasilkan dapat diterima adalah dengan cara melaksanakan aktivitas pemasaran secara tepat dan terpadu sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan. Berdasarkan koefisien regresi dapat dijelaskan bahwa hampir semua peubah bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat karena t-hitung pada taraf signifikan 5% memiliki probabilitas dibawahan 5% kecuali peubah periklanan (X4) yang mempunyai probabilitas sebesar 0,967 diatas 0,05. Hal ini berarti peubah periklanan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap penjualan (Y) dan sebaiknya peubah periklanan (X4) dikeluarkan dari model regresi. Sedangkan peubah sales promotion mempunyai koefisien regresi paling besar yaitu sebesar 3,878 dengan t-hitung pada taraf signifikan 5% sebesar 5, 981 dan probabilitas sebesa 0,004 dibawahan 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa peubah biaya sales promotion (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah penjualan dapat dibuktikan. Dari hasil analisis dan pembahasan perusahaan perlu meningkatkan lagi biaya sales promotion 2006 sebesar Rp. 33.183.532, biaya publisitas sebesar Rp. 30.062.456, biaya personal selling sebesar Rp. 36.242.063 dan biaya periklanan sebesar Rp. 31.971.012. dengan meningkatkan biaya promotion mix maka diharapkan penjualan meningkat untuk tahun 2006 Rp. 490.628.484.

 

3.129.211.87