Date: 28-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN HOTEL HERLINGGA JAYA BLITAR

Thesis Detail
Author DEWI SAYYIDATUN NI’MAH
Student's ID (NPK) K.2001.1.26668 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword ANALISIS SWOT
Page(s) 92
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan dan perubahan kondisi lingkungan yang begitu cepat membawa pengaruh bagi aktivitas dunia usaha. Pada dasarnya kegiatan usaha bertujuan untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan, baik tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang. Untuk dapat mewujudkan tujuan yang diharapkan tersebut, perlu dilakukan suatu persiapan atau perencanaan langkah kegiatan atau rencana strategi yang akan digunakan. Perencanaan strategi sebagai proses untuk melaksanakan rencana yang menyeluruh (comprehensive), sehingga dapat memberikan panduan tentang kegiatan usaha yang telah dan akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran yang diharapkan tersebut, termasuk jenis kegiatan usaha jasa seperti halnya usaha perhotelan di Hotel Herlingga Jaya Blitar. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor lingkungan yang menjadi faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi hotel, dan untuk merumuskan perencanaan strategi pemasaran produk jasa hotel yang akan digunakan perusahaan dalam usaha pencapaian tujuan hotel. Dari data yang diperoleh dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder, baik melalui metode pengumpulan data berupa wawancara ataupun dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis lebih lanjut dengan menggunakan metode analisis SWOT, dengan pendekatan ETOP dan SAP. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan secara umum melakukan aktivitas pemasaran berupa penjualan jasa kamar, di samping penyediaan makanan dan minuman serta jasa laundry, yang senantiasa berupaya memberi pelayanan terbaik kepada konsumen yang menginap di hotel. Kegiatan yang telah dilakukan Hotel Herlingga Jaya Blitar secara keseluruhan sudah baik, meskipun masih ada kekurangan yang tentunya harus dibenahi melalui perencanaan strategis yang tepat untuk tahun selanjutnya. Artinya manajemen strategi hotel perlu untuk memadukan atau menyelaraskan antara hotel dengan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan, baik lingkungan internal ataupun eksternal, dan berdasarkan hasil SWOT, disarankan agar strategi yang dipilih oleh manajemen hotel adalah strategi market development dengan konsentrasi untuk menerapkan strategi bertahan di saat krisis ekonomi dan politik secara makro, guna mempertahankan pangsa pasar yang telah dikuasainya, lebih tepat untuk digunakan. Apabila kondisi perekonomian dan stabilitas politik sudah membaik, baru dilaksanakan langkah–langkah pengembangan pasar, yang diproyeksikan dapat meningkatkan penjualan kamar hotel pada masa yang akan datang. Di samping itu disarankan pula agar manajemen hotel juga membuat strategi jangka panjang, seperti halnya peningkatan status hotel dari hotel melati tiga menjadi hotel bintang satu. Kondisi ini didasarkan pada kemampuan manajemen hotel pada tiga tahun yang terakhir yang cenderung senantiasa terus meningkat.

 

3.21.231.245