Date: 07-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK BPR ANTAR PARAMA KRAKSAAN PROBOLINGGO

Thesis Detail
Author ATO’ URRAHMAN
Student's ID (NPK) K.2001.1.26737 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS PERILAKU KONSUMEN, DAN KEPUTUSAN MENABUNG
Page(s) 103
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian dengan judul “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Menabung pada Bank BPR Antar Parama Kraksaan Probolinggo, ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan antara bentuk dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial antara bentuk dimensi kualitas terhadap kepuasan nasabah Bank BPR Antar Parama Kraksaan Probolinggo. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian hipotesa tersebut sebanyak 100 orang dan yang ditunjuk sebagai responden adalah nasabah di Bank BPR Antar Parama Kraksaan Probolinggo. Validitas data dan reliabilitas data diuji untuk menunjang penelitian, selanjutnya item-item dari variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent) yang tertuang dalam daftar pertanyaan (kuesioner) yang telah disebar kepada para responden, diuji keandalannya melalui program SPSS 11.5 for windows. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas menunjukkan seluruh koefisien korelasi melebihi nilai kritis. Hasil ini menunjukkan bahwa data yang terkumpul cukup valid dan reliabel sehingga dapat digunakan dalam pengujian hipotesa. Hasil-hasil penelitian, pada hipotesis pertama setelah diadakan pengujian terhadap seluruh variabel bebas yang terdiri atas variabel bunga (X1), hadiah (X2) keamanan (X3), dan lingkungan (X4), secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) sebagai variabel terikat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,731 dan tingkat signifikan 0,000 artinya bahwa 73,1% kepuasan nasabah dipengaruhi oleh variabel X1, X2, X3, X4 dan X5. sedangkan sisanya sebesar 26,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan pada hipotesis kedua dengan ditolaknya Ho dapat disimpulkan bahwa variabel keamanan (X3) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan nasabah (Y), dengan signifikansi 0,000 artinya bahwa peubah reliability/kehandalan sangat dibutuhkan oleh Bank BPR Antar Parama Kraksaan Probolinggo.

 

3.18.220.243