Date: 07-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU DANCOW (STUDI PADA IBU - IBU RUMAH TANGGA DI SAWOJAJAR)

Thesis Detail
Author TRI AGUS BUDI P
Student's ID (NPK) K.2000.1.25225 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MARKETING MIX,SUSU.PEMBELIAN
Page(s) 89
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan aktivitas pemasaran dewasa ini sudah sangat kompetitif, dimana hampir semua perusahaan melakukan aktivitas marketing mix untuk merebut dan memperluas pangsa pasar. Kondisi ini menyebabkan kompetisi antara perusahaan sejenis semakin tajam. Apabila suatu perusahaan tidak melakukan aktivitas marketing mix, maka pangsa pasar sebagai sasaran penjualan akan beralih pada perusahaan yang mampu melaksanakan marketing mix lebih aktif dan kompetitif. Akibatnya, perusahaan akan kehilangan pangsa pasar dan secara tidak langsung akan menghambat pencapaian tujuan yang telah ditetapkan semula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor marketing mix (produk, harga, promosi dan saluran distribusi) mempunyai hubungan dengan keputusan pembelian Susu Dancow Ibu-Ibu Rumah Tangga di Sawojajar baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan mengemukakan dua hipotesis, yaitu: Hipotesis I: Diduga produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan saluran distribusi (X4) memiliki hubungan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian Susu Dancow (Y); Hipotesis II: Diduga produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan saluran distribusi (X4) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian Susu Dancow (Y). Data pokok diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada 40 responden, dan alat analisis yang digunakan adalah korelasi berganda, regresi berganda dan uji F serta uji t. Disimpulkan bahwa hipotesis I terbukti, karena besarnya koefisien korelasi berganda (R) = 0,912 dan F hitung = 43,339 lebih besar dari F tabel = 2,63 sehingga keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti keempat peubah bebas secara bersama-sama mempunyai hubungan yang sangat erat terhadap peubah terikat. Disimpulkan bahwa semua peubah bebas memberikan sumbangan pada peubah terikat sebesar 83,2% dimana sisanya sebesar 16,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutkan dalam penelitian. Dari uraian analisis regresi dapat disimpulkan bahwa masing-masing peubah bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap peubah terikat dengan nilai tx1 = 2,159; tx2 = 2,129; tx3 = 2,927; tx4 = 2,147 adalah lebih besar bila dibandingkan dengan t tabel = 1,6896. Jadi, dapat dikatakan bahwa peubah produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan saluran distribusi (X4) secara parsial memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian susu Dancow (Y). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU Berkaitan dengan hasil diatas, meskipun hampir semua ibu-ibu rumah tangga membutuhkan susu, namun aktivitas pemasaran (produk, harga, promosi dan saluran distribusi) harus tetap dilakukan oleh produsen maupun penyalur produk susu, mengingat persaingan antar merk susu sangat tinggi dipasaran.

 

18.117.107.90