Date: 07-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN ANALISIS VALUE CHAIN DALAM MANAJEMEN BIAYA STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PADA PERUSAHAAN TENUN MASYHUR SIDOARJO

Thesis Detail
Author YULIA EKA PRAVANTI
Student's ID (NPK) A.2002.1.27227 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword ANALISIS VALUE CHAIN,BIAYA STRATEGI,EFISIENSI BIAYA,TENUN
Page(s) 113
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Persaingan global yang semakin tajam menyebabkan karakteristik lingkungan bisnis yang dihadapi oleh manajemen adalah dinamis dan perubahan yang pesat. Oleh karena itu, perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan bisnis seperti itu harus memiliki kemampuan untuk melakukan adaptasi dan perubahan agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, suatu perusahaan harus dapat menyediakan produk yang berkualtias bagi konsumen, tepat waktu dan dengan harga yang sesuai. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan harus benar-benar biaya yang memberi nilai tambah bagi produk sehingga tidak akan ada pemborosan biaya. Oleh karena itu, efisiensi biaya mempunyai arti penting bagi perusahaan dalam mempertahankan keberadaan di dunia bisnis, salah satu caranya adalah melalui analisa aktivitas yang ada di dalam perusahaan. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, akuntansi manajemen menawarkan konsep value chain yang memungkinkan perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif. Penciptaan nilai dari bahan baku hingga pembuangan produk jadi oleh konsumen akhir, untuk dapat memahami keunggulan kompetitif suatu perusahaan tidak bisa hanya melihat perusahaan sebagai satu keseluruhan, tetapi dilihat sebagai aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan. Aktivitas-aktivitas tersebut harus diselidiki secara sistematis bagaimana kinerja dan interaksinya. Perusahaan Tenun Masyhur Sidoarjo sebagai perusahaan yang memproduksi sarung tenun akan menerapkan analisis value chain sebagai alat untuk menelusuri aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam perusahaan untuk menciptakan suatu produk, mulai dari tahap pemenuhan bahan baku, pengolahan bahan baku, proses produksi sarung tenun, pemasaran, sampai pada bagian administrasi dan umum, sehingga dapat diketahui pemicu biaya (cost driver) yang timbul dalam aktivitas bernilai tambah (value added activity) dan aktivitas yang tidak bernilai tambah (non value added activity) untuk dapat melakukan efisiensi biaya terhadap aktivitas tidak bernilai tambah (non value added activity) jika efisiensi biaya dapat dilakukan oleh perusahaan, maka akan sangat menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri karena selain menambah laba juga akan dapat menambah pasarnya.

 

18.224.246.203