Date: 29-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA FAKTOR BAURAN PROMOSI YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA PT. BANK CENTRAL ASIA CABANG PEMBANTU BATU

Thesis Detail
Author ANITA SARI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26665 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword FAKTOR BAURAN PROMOSI,NASABAH,MENABUNG,
Page(s) 88
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Tabungan merupakan sumber utama bagi bank untuk menunjang aktivitasnya. Dengan banyaknya jenis produk atau tabungan yang bermunculan, maka mengakibatkan setiap industri perbankan berusaha untuk mendapat pangsa pasar dari para pesaingnya dalam pasar yang sama. Sehubungan dengan itu, manajer pemasaran mempunyai tugas memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan serta menanggapi perubahan-perubahan lingkungan pemasaran modern yang tidak hanya memasarkan produknya saja tapi juga dapat berkomunikasi dengan konsumen yang disebut promosi. Dengan melakukan promosi secara terus menerus baik secara langsung maupun tidak langsung maka produk bank tersebut dapat dikenal oleh masyarakat. Rumusan permasalahan penelitian adalah faktor bauran promosi yang manakah yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung pada PT. BCA Cabang Pembantu Batu. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah nuntuk mendapatkan bukti empiris untuk mengetahui hubungan dan pengaruh faktor bauran promosi yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung pada PT. BCA Cabang Pembantu Batu. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian hipotesis. Untuk kepentingan ini, penulis mengadakan suatu penelitian pada nasabah PT. BCA Cabang Pembantu Batu. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat 1093 nasabah yang menabung di PT. BCA Cabang Pembantu Batu. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random dimana setiap nasabah mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 55 responden yang didapat dari 5% x 1093 = 55 responden. Peubah bauran promosi yang diduga mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung di PT. BCA Cabang Pembantu Batu adalah periklanan (X1), personal selling (X2), dan promosi penjualan (X3). Mengingat peubah-peubahnya bersifat kualitatif maka untuk mengukaur peubah digunakan Skala Linkert. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Tujuan utama penyebaran angket ini adalah untuk memperoleh informasi validitas dan reliabilitas serta memperoleh informasi yang relevan tentang tujuan survei. Adapun metode analisis yang digunakan dalam perhitungan adalah koefisien korelasi berganda, koefisien korelasi parsial, koefisien regresi berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat dikatakan bahwa pada uji korelasi berganda ( r ) denga diterimanya Ha dan ditolaknya Ho berarti hipotesis empirisnya yang didyga bahwa adanya hubungan secara bersama-sama dari peubah bebas terhadap peubah terikat diterima. Dilihat dari koefisien korelasi berganda sebesar 0,423 yang berarti bahwa peubah bebas periklanan (X1), personal selling (X2), dan promosi penjualan (X3) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan/bermakna pada tingkat uji a= 5% terhadap peubah terikat keputusan nasabah untuk menabung (Y). Sedangkan untuk uji korelasi parsial dan regresi berganda, dengan ditolaknya Ho dapat disimpulkan bahwa antara peubah promosi, ternyata peubah promosi penjualan (X3) mempunyai pengaruh yang paling bermakna terhadap keputusan nasabah untuk menabung (Y).

 

18.118.137.243