Date: 29-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJAPERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN NEGARA JAYAURA

Thesis Detail
Author NINO
Student's ID (NPK) A.2001.1.25967 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword BALANCED SCORECARD,KINERJA
Page(s) 130
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Manajemen perusahaan membutuhkan langkah-langkah yang tepat guna menghadapi persaingan. Dengan kenyataan seperti itu, maka setiap perusahaan diharapkan dapat mengimplementasikan strategi sebaik dan secermat mungkin, agar dapat memenangkan persaingan dan tujuan perusahaan dapat tercapai. Untuk menterjemahkan dan mengimplementasikan rumusan strategi yang dihasilkan dapat digunakan pendekatan Balanced Scorecard yaitu alat manajemen (management tool) yang menerjemahkan visi, misi dan strategi organisasi ke dalam satu set pengukuran kinerja komprehensif untuk menghasilkan kerangka pengukuran kinerja organisasi melalui beberapa perspektif financial, customer, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja perusahaan melalui empat perspektif Balanced Scorecard dan menjabarkan strategi ke dalam rencana strategik dengan kerangka Balanced Scorecard. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud membuat penyandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Alasan digunakan deskriptif, karena dalam penelitian ini memberikan gambaran secara jelas mengenai penerapan balanced scorecard untuk mendefinisikan strategi perusahaan. Adapun peubah dalam penelitian ini adalah (1) Perspektif Keuangan dengan indikator ROI, ROE, perputaran persediaan, perputaran total asset, Sales Growth, Reduce Unit Cost. (2) Perspektif Pelanggan dengan indikator customer retention, customer acquisition, jumlah keluhan pelanggan. (3) Perspektif Proses Bisnis Internal dengan indikator inovasi produk, operasi, layanan purna jual dan (4) Perspektif Belajar dan Berkembang dengan indikator Employee Training Hour, Employee Turnover, produktivitas pekerja, Absenteeism, Tardiness. Dari hasil analisis yang telah dilakukan diketahui: (1) Perspektif Keuangan menunjukkan bahwa Perusahaan dapat mengefektifkan penjualan jasanya yang ditunjukkan dengan nilai TATO yang semakin efektif, yaitu 0,28 kali pada tahun 2002 meningkat menjadi 0,34 kali pada tahun 2003 dan meningkat lagi menjadi 0,42 pada tahun 2004, sehingga meningkatlan sales growth sebesar 35,28% pada tahun 2003 dan 54,36% pada tahun 2004. Peningkatan penjualan ini berakibat meningkatnya kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, yang ditunjukkan dengan nilai ROI dan ROE yang meningkat terutama untuk tahun 2004, yaitu nilai ROI tahun 2002 sebesar 5,81% turun menjadi 4,79% pada tahun 2003 dan meningkat menjadi 13,51% pada tahun 2004, serta nilai ROE tahun 2002 sebesar 9,80% turun menjadi 8,08% pada tahun 2003 dan meningkat menjadi 22,20% pada tahun 2004. Kelemahan yang ada dalam perspektif ini adalah reduce unit cost yang mengalami vi peningkatan yaitu tahun 2003 sebesar 7,71% dan tahun 2004 sebesar 38,87%, yang berarti biaya operasional perusahaan mengalami peningkatan dari tahun 2002-2004. (2) Perspektif pelanggan menunjukkan bahwa pada dasarnya dari tahun 2002 sampai tahun 2004 kinerja perusahaan dikatakan baik, karena perusahaan dapat menurunkan komplain pelanggan. Perusahaan juga dapat meningkatkan pelanggan baru yang ditunjukkan dengan nilai customer acquisition tahun 2003 sebesar 8,16% dan tahun 2004 sebesar 13,21%. Perusahaan juga berupaya untuk meningkatkan customer retention yang ditunjukkan dengan sebagian besar jenis pelanggan melakukan pemesanan ulang. (3) Perspektif Bisnis Internal menunjukkan kinerja mengalami peningkatan dengan dilakukannya inovasi produk yaitu pengiriman naskah secara elektronik untuk tahun 2003 dan menambah aktivitas multimedia dan desain grafis untuk tahun 2004 untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, dan peningkatan operasi melalui perbaikan fasilitas mesin sehingga pencapaian target produksi mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan selisih target dan realisasi percetakan (judul buku) sebesar (16) buku untuk tahun 2003 dan 0 buku untuk tahun 2004, walaupun perusahaan

 

18.191.171.20