Date: 29-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FASILITAS BOWLING AND POOL (STUDI MEMBER BOWLING AND POOL CLUB HOSE ISTANA DIENG MALANG)

Thesis Detail
Author ANDIKA DARSONO
Student's ID (NPK) K.2001.1.26173 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword BAURAN PROMOSI,BOWLING AND POOL
Page(s) 117
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Usaha howling dan biliard menunjukkan persaingan yang semakin ketat. untuk itu pengusaha yang bergerak dalam usaha perhotelan dituntut untuk mampu bersaing agar usahanya dapat berkembang. Persaingan dalam usaha bowling tidak hanya dalam bentuk harga saja tetapi juga dalam bentuk lainnya seperti servis yang baik, letak atau tempat yang strategis, iklan dan lain sebagainya. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengetahui apa yang sesungguhnya diinginkan oleh konsumen dan bauran promosi apa yang mempengaruhi konsumen untuk membeli atau menggunakan fasilitas howling dan pool. Dan beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan mengenai Inti permasalahan yang dihadapi yaitu bagaimana konsumen memberikan bawahan terhadap rangsangan berupa bauran promosi yang diberikan oleh pemasar dengan menggunakan elemen-elemen yang dapat dikendalikan perusahaan sehingga konsumen akan merasa puas dan terpenuhi keinginan dan kebutuhan. Rumusan permasalahan penelitian adalah sejauh mana bauran promosi yang terdiri dan periklanan, personal selling. publisitas dan promosi penjualan mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan fasilitas Bowling and Pool di Club House Istana Dieng Malang dan untuk mengetahui faktor bauran promosi yang dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan fasilitas Bowling and Pool di Club House Istana Dieng Malang. Tujuan dan kegunaan penelitian dimaksudkan untuk memberikan arah pada peneliti dalam penyelesaian penelitian mi. maka kegiatan penelitian kali mi memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yang terdiri dan periklanan, personal selling, publisitas dan promosi penjualan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan fasilitas Bowling and Pool di Club Rouse Istana Dieng Malang dan untuk mengetahui faktor bauran promosi yang dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan fasilitas Bowling and Pool di Club House Istana Dieng Malang. Peubah-peubah promosi yang diduga mempengaruhi terhadap keputusan menggunakan fasilitas di howling and pool (Y) adalah periklanan (Xl), personal selling (X2), publisitas (X3) dan promosi penjualan (X4). Mengingat peubah-peubahnya bersifat kualitatif’. maka untuk mengukur peubah digunakan Skala Liekert. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah interview dan kuisioner. Tujuan utama dan penyebaran angket mi adalah untuk mernperoleh informasi validitas dan reliabilitas serta untuk memperoleh informasi yang relevan tentang tujuan survei. Adapun metode analisis yang digunakan dalam perhitungan adalah koefisien korelasi berganda, koefisien korelasi parsial dan koefisien regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada pengujian hipotesis pertama dengan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho berarti hipotesis empiris yang menduga bahwa ada hubungan secara bersama-sama antara peubah bebas terhadap peubah terikat diterima, juga bisa diketahui (R) sebesar 0.766 atau 76.6%, yang berarti antara peubah bebas periklanan (X1), personal selling (X2), publisitas (X3 ) dan promosi penjualan (X4) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang bermakna pada tingkat kepercayaan  = 5% terhadap peubah terikat (keputusan pembelian produk. Sedangkan berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) dapat diketahui kontribusi peubah bebas terhadap peubah terikat sebesar 0.586 atau 58.6%, Sedangkan sisanva sebesar 0.414 atau 41.4 (dari 1-R2 = 1 – 0,586) dipengaruhi peubah bebas lain yang tidak diteliti. Pada pengujian hipotesis kedua dapat dilihat peubah promosi penjualan (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan menggunakan fasilitas Bowling and Pool di Club House Istana Dieng Malang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan koefisien regresi. X4 memiliki koefisien regresi sebesar 0.404. yang lebih besar dan Xl sebesar 0.241 dan X2 sebesar 0.211 serta XS memiliki koefisien regresi sebesar 0.190. Sesuai dengan kriteria yang ditetapkan bahwa jika koefisien regre

 

3.133.12.172