Date: 29-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROTI PADA E & G BAKERY SINGOSARI MALANG

Thesis Detail
Author RAHMAD HIDAYAT
Student's ID (NPK) K.2000.1.24667 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MARKETING MIX,KEPUTUSAN,PEMBELIAN
Page(s) 121
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan dan pengaruh peubah-peubah marketing mix (product, price, promotion, people dan process) terhadap keputusan pembelian produk roti pada E & G Bakery Singosari Malang serta untuk mengetahui peubah dalam marketing mix yang terdiri atas product, price, promotion, people dan process, manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk roti pada E & G Bakery Singosari Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk roti pada E & G Bakery Singosari Malang. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidentally sampling (sampel seadanya). Alat analisis yang digunakan untuk menguji dan menganalisis hipotesis adalah alat analisis korelasi berganda dan regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I diketahui diperoleh nilai F hitung = 58,231 lebih besar dari nilai F tabel (2,37) dan nilai Sig F (0,000) di bawah nilai signifikan 0,05 menunjukkan bahwa peubah-peubah Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), People (X4), dan Process (X5) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan terhadap terhadap peubah Keputusan Pembelian (Y) produk roti E & G Bakery Singosari Malang. Nilai koefisien korelasi (R) = 0,893 menunjukkan bahwa antara peubahpeubah Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), People (X4), dan Process (X5) dengan peubah terikat Keputusan Pembelian (Y) produk roti E & G Bakery Singosari Malang terdapat hubungan yang kuat dan bersifat positif. Nilai R2 = 0,797 menunjukkan bahwa peubah-peubah Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), People (X4), dan Process (X5) memberikan kontribusi terhadap peubah Keputusan Pembelian (Y) produk roti E & G Bakery Singosari Malang sebesar 79,7% sedangkan sisanya (20,3%) dipengaruhi oleh peubah-peubah lain yang tidak terdapat dalam penelitian. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar daripada t tabel dan nilai Sig t masing-masing peubah bebas di bawah nilai signifikan yang digunakan (5%), sehingga masing-masing peubah bebas yaitu peubah Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), People (X4), dan Process (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk roti E & G Bakery Singosari Malang. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), People (X4), dan Process (X5) mempunyai hubungan dan pengerauh yang bermakna dengan peubah Keputusan Pembelian (Y) produk roti E & G Bakery Singosari Malang. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah Price (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah terikat Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien regresi yang dihasilkan peubah Price (X2) sebesar 0,241 yang merupakan nilai koefisien regresi terbesar dibandingkan nilai koefisien regresi dari peubah-peubah bebas yang lain.

 

3.147.78.174