Date: 17-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS LINGKUNGAN PERUSAHAAN SEBAGAI DASAR PEMILIHAN STRATEGI BERSAING YANG EFEKTIF (STUDI PADA HOTEL DUSIT BALIKPAPAN)

Thesis Detail
Author YAYU SETIAWATI
Student's ID (NPK) A.2001.1.26233 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword PEMILIHAN STRATEGA,EFEKTIF
Page(s) 180
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan dunia perhotelan saat ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat antar hotel. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat agar Hotel Dusit Balikpapan mampu memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang Hotel Dusit Balikpapan dan merumuskan strategi bersaing dalam upaya memenangkan persaingan. Teknik analisis yang digunakan adalah IFE, EFE, CPM, SWOT, IE, QSPM dengan hasil sebagai analisis sebagai berikut: Dari hasil analisis IFE dapat diketahui bahwa Hotel Dusit Balikpapan memiliki posisi internal yang kuat. Dari hasil analisis EFE menunjukkan bahwa posisi eksternal perusahaan adalah kuat. Dari hasil analisis CPM dapat disimpulkan bahwa Hotel Grand Senyiur, Hotel Benakutai dan Hotel Bahana Surya merupakan pesaing yang kuat karena memiliki keunggulan relatif sama dengan Hotel Dusit Balikpapan. Berdasarkan analisis SWOT, kekuatan internal yang ada di hotel dan peluang yang ada cenderung tinggi (kuadran I) dimana hotel memiliki situasi yang sangat menguntungkan, dan strategi yang tepat adalah mendukung strategi agresif. Berdasarkan IE matriks, diketahui bahwa Hotel Dusit Balikpapan berada pada sel I yang digambarkan sebagai perusahaan yang sukses (growth dan build). Dari analisis QSPM, nilai TAS untuk strategi agresif lebih besar dari pada strategi growth dan build sehingga strategi yang tepat adalah strategi agresif. Berdasarkan analisis di atas, strategi yang digunakan Hotel Dusit Balikpapan adalah strategi agresif sesuai dengan situasi dan kondisi pangsa pasar dan persaingan yang dihadapi sekarang ini. Pangsa pasar potensial, pasar bebas (globalisasi) dan kondisi ekonomi Indonesia yang terus menunjukkan pemulihan hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencari dan menerobos pangsa pasar dengan memanfaatkan kekuatan yang ada dengan mencari jalan untuk meningkatkan permintaan, melindungi pangsa pasar dan meningkatkan pangsa pasar. Perluasan pangsa pasar dapat dilakukan dengan memasarkan fasilitas kamar yang dapat dijangkau oleh pangsa pasar yang dituju, seperti masyarakat menengah ke bawah yang belum dijangkau manajemen hotel saat ini. Atau sebaliknya, manajemen hotel dapat memasarkan fasilits kamar untuk kelas menengah ke atas dengan standar internasional misalnya untuk wisatawan manca negara. Meningkatkan aktivitas promosi melalui penggunaan media, meningkatkan kerjasama dengan biro perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri.

 

3.135.194.251