Date: 30-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH TELKOMFLEXI (RISET PADA WARGA DESA GAPURANA SUMENEP)

Thesis Detail
Author LAPETY SARI DEWI
Student's ID (NPK) K.2002.1.26912 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MEMPENGARUHI KONSUMEN, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 113
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor kelas sosial, faktor kelompok referensi, faktor keluarga, faktor sikap, faktor motivasi, faktor persepsi mempunyai pengaruh yang bermakna dan diantara faktor-faktor tersebut manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Telkomflexi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional (correlation research). Tujuan penelitian korelasional adalah “Untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada satu atau lebih fakta lain berdasarkan pada koefisien korelasi” (Suryabrata, 2002:25). Populasi dalam hal ini adalah warga Desa Gapurana Sumenep dan berdasarkan data terakhir sebanyak 123 kepala keluarga. Selanjutnya populasi tersebut akan diolah dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel. Adapun alasan menggunakan rumus Slovin adalah untuk mendapatkan sampel yang representatif dan lebih pasti atau mendekati populasi yang ada. Berdasarkan hasil perhitungan rumus Slovin, maka penentuan besarnya sampel, yaitu 55 orang. Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabel keluarga (X3), variabel sikap (X4), variabel motivasi (X5) dan variabel persepsi (X6) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel keputusan pembelian Telkomflexi (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,682 dengan uji F hitung sebesar 17,170 > F tabel sebesar 2,34, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama dapat dibuktikan kebenarannya. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linier berganda dan korelasi parsial, menyatakan bahwa variabel variabel keluarga (X3) berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian Telkomflexi (Y), yang berarti bahwa keluarga mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Telkomflexi. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisien korelasi parsial dari variabel variabel keluarga (X3) paling besar dibandingkan variabel lainnya, yaitu berturut-turut sebesar 0,506 dan 0,427 dengan uji t hitung sebesar 4,819 > t tabel sebesar 1,6772. Jadi variabel variabel keluarga (X3) yang berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian Telkomflexi (Y), maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis kedua dapat dibuktikan kebenarannya.

 

3.15.225.173