Date: 30-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS SWOT SEBAGAI ALAT BANTU UNTUK MENETAPKAN STRATEGI BERSAING RADIO MAKOBU MALANG

Thesis Detail
Author ABDI SETYO PRAVITO
Student's ID (NPK) A.2001.1.25949 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN KEUANGAN
Keyword ANALISIS SWOT, DAN STRATEGI BERSAING
Page(s) 86
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Permasalahan yang dihadapi radio Makobu Malang adalah adanya persaingan yang sangat ketat diantara stasiun radio yang lain, terutama “Tritara FM” dan “Elfara FM” karena memiliki susunan acara relatif sama dan ditujukan kepada pangsa pasar yang sama yaitu anak-anak muda (mahasiswa dan pelajar). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang radio Makobu Malang dan menetapkan strategi bersaing yang tepat bagi radio Makobu Malang. Jenis penelitian yang adalah penelitian studi kasus yaitu penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini dari sejak subyek yang diteliti serta interaksinya dengan lingkungan. Sebagai peubah penelitian, dari kondisi lingkungan intern yang diteliti adalah sumber daya manusia, produksi dan operasi, pemasaran, sedangkan dari kondisi lingkungan ekstern berkaitan dengan ekonomi, pemerintah, teknologi, persaingan, budaya dan pelanggan/ pendengar. Metode analisis yang digunakan adalah SWOT dengan hasil sebagai berikut: Kekuatan yang dimiliki Radio Makobu adalah: jumlah karyawan memadai, pendidikan karyawan relatif tinggi, produksi dan operasi kekuatannya adalah acara menarik dan disusun secara sistematis, harga (tarif iklan) kompetitif, daerah pemasaran luas, promosi gencar dan variatif. Kelemahan Radio Makobu terletak pada peubah produksi dan operasi khususnya pada lagu-lagu terbatas dan target pasar terbatas. Peluang Radio Makobu adalah adanya laju inflasi yang cenderung turun, life style masyarakat dan memiliki pendengar yang potensial. Ancaman yang dihadapi Radio Makobu khususnya dari kebijakan pemerintah yaitu kenaikan BBM, TDL dan TDT serta adanya pesaing yang potensial. Beberapa strategi yang direkomendasikan untuk Radio Makobu adalah: 1) Strategi SO: meningkatkan kualitas siaran, memperluas daerah pemasaran 2) Strategi ST: meningkatkan efisiensi biaya produksi agar keuntungan yang diperoleh lebih tinggi. 3) Strategi WO: menyajikan lagu dangdut, memperluas target pasar (untuk segala usia) 4) Strategi WT: meningkatkan koleksi lagu-lagu. Dari strategi tersebut, Radio Makobu hendaknya menambahkan jenis lagu dangdut, target pasar hendaknya diperluas untuk semua kalangan (tidak menengah ke atas saja), dan semua umur (tidak hanya umur antara 20 - 30 tahun saja), melindungi pangsa pasar yang sudah ada dengan meningkatkan kualitas program yang terus inovatif dan menarik.

 

18.222.115.120