Date: 04-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR UNTUK MENETAPKAN PERENCANAAN STRATEGIS GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PERUSAHAAN SEPATU PT. BELLIA MOJOKERTO

Thesis Detail
Author INDRAYANA
Student's ID (NPK) A.2001.1.25973 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword SWOT, PERENCANAAN STRATEGIS, DIFERSIFIKASI KONSENTRIK.
Page(s) 105
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Strategi merupakan rencana yang disatukan, luas dan terintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan tersebut dapat tercapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi yang menitikberatkan pada pengintegrasian fungsi-fungsi yang ada dalam perusahaan, seperti fungsi pemasaran, keuangan, produksi/operasional, sumber daya manusia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan strategi yang diterapkan oleh perusahaan dan untuk menganalisis penerapan analisis SWOT. Dari analisis SWOT diketahui bahwa perusahaan memiliki kekuatan dari segi keuangan dan sumber daya manusia, tetapi juga lemah dalam promosi dan saluran distribusi. Perusahaan memiliki peluang karena krisis ekonomi sudah mulai membaik dan pemasok bahan baku cukup memadai, namun ancaman yang dihadapi perusahaan juga besar yaitu pesaing yang potensial dan adanya kenaikan BBM, TDL dan TDT. Berdasarkan diagram SWOT, kekuatan internal yang ada di perusahaan cenderung tinggi, namun ancaman dari luar juga tinggi, sehingg PT. Bellia Mojokerto berada pada kuadran II mendukung strategi diversifikasi konsentrik, yaitu strategi dengan jalan menambah produk baru tetapi masih saling berhubungan. Berkaitan dengan hasil di atas, dalam menetapkan strategi yang tepat,perusahaan hendaknya menggunakan analisis SWOT sebagai dasar penentunnya, karena dari analisis SWOT ini dapat diidentifikasi tentang kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang ada. Untuk saat ini, strategi yang tepat bagi perusahaan adalah strategi difersifikasi konsentrik dengan memproduksi sandal. Sebagai langkah awal dalam memproduksi sandal, perencanaan perusahaan dapat dilakukan dengan: membangun kekuatan produksi, membangun kekuatan pemasaran, membangun kekuatan keuangan.

 

3.133.160.14