Date: 04-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENENTUAN STRATEGI PERUSAHAAN YANG TEPAT UNTUK MEMPERLUAS PANGSA PASAR DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PT. PANGANSARI UTAMA FOOD INDUSTRI PALEMBANG

Thesis Detail
Author VENY PRIMADHANI
Student's ID (NPK) A.991.23415 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword STRATEGI PERUSAHAAN,ANALISIS SWOT
Page(s) 134
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Untuk dapat memenangkan persaingan yang ada maka perusahaan perlu mengembangkan pemasaran yang strategis yang menghubungkan organisasi dengan lingkungan dan pola pikir bahwa pemasaran adalah tanggung jawab seluruh organisasi bukan hanya fungsi khusus yang dilakukan oleh bagian tertentu. Perencanaan strategi perusahaan yang dibuat juga harus memperhitungkan permasalahan yang timbul disegala aspek termasuk juga aspek pemasaran dan perencanaan strategi perusahaan yang dibuat harus mengacu pada perubahan lingkungan, baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Alat bantu yang dapat digunakan adalah analisis SWOT. Penelitian ini sangat berguna bagi PT. Pangansari Utama Food Distribution Palembang dalam mengatasi permasalahan persaingan yang ada dan menentukan strategi yang tepat, sehingga perusahaan dapat memperluas pangsa pasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perusahaan yang efektif melalui pertimbangan analisis SWOT berdasarkan kondisi perusahaan dalam upaya memperluas pangsa pasar pada PT. Pangansari Utama Food Distribution Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisme, lembaga atau gejala tertentu. Pemilihan jenis penelitian studi kasus ini didasarkan pada alasan bahwa penelitian ini dilakukan untuk mencari pemecahan permasalahan perusahaan yang berkenaan dengan penetapan strategi perusahaan untuk memperluas pangsa pasar PT. Utama Food Distribution Palembang. Dari analisis yang telah dilakukan melalui alat bantu SWOT diketahui bahwa (1) Dari analisis IFAS diketahui bahwa total nilai untuk lingkungan internal sebesar 2,5 dan hasil analisis EFAS menunjukkan bahwa nilai lingkungan eksternal sebesar 2,615 (2) Dari Competitive Profil Matrix (CPM) diperoleh total score PT. Pangansari Utama sebesar 2,80 (3) Matriks Internal Eksternal (IE) menunjukkan posisi perusangan adalah sedang. Perusahaan yang berada di sel V, paling baik dikendalikan dengan strategi hold dan maintain. Strategi yang umum dipakai adalah market penetration dan product development. (4) Hasil analisis BCG menunjukkan bahwa perusahaan PT. Pangansari Utama Food Distribution berada pada question mark yang berarti menghadapi masalah pangsa pasar yang rendah dan terjadi justru dalam kondisi pertumbuhan yang tinggi. Oleh karena itu untuk memperkuat dirinya dengan melaksanakan strategi intensif, yang dapat dilakukan dengan market penetration, market development, atau produk development. (5) Dari analisis grand strategy diketahui bahwa perusahaan berada pada kuadran I, yaitu perusahaan berada diantara pertumbuhan yang tinggi dan posisi bersaing yang tinggi pula, sehingga alternatif strategi yang sesuai untuk perusahaan adalah (1) Integrasi vertical, (2) diversifikasi konglomerat. (6) Dari analisis Quantitative Strategic Planning Matrixs (QSPM) yang dilakukan, dimana hasil QSPM diketahui bahwa nilai market penetration sebesar 2,576, hasil penilaian QSPM market development sebesar 2,591 sehingga alternatif yang dipilih adalah yang memiliki nilai terbesar yaitu market development. Bentuk implementasi strategi dari market development adalah (1) Kebijakan pemasaran dilakukan dengan (a) menjaga variasi produk yang dijual, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi konsumen untuk dapat memilih sesuai selerahnya, (b) menjaga harga jual produk agar dapat bersaing dengan harga jual dari produk pesaing, (c) memperluas wilayah pemasaran, dengan cara mengefektifkan kerja tenaga pemasaran, (d) menambah jumlah makro market, supermarket dan hotel-hotel yang dilayani, (e) perlunya ditingkatkan intensitas promosi, dengan cara memilih jenis promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. (f) Mengadakan riset pemasaran secara rutin, untuk mengetahui perkembangan pasar dan keingingan konsumen. (2) Kebijakan Operasi dan Produksi dilakukan dengan (a) tetap menjaga k

 

18.118.2.15