Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PELANGGAN PT. TELKOM MALANG)

Thesis Detail
Author BUDI ASMI
Student's ID (NPK) K.2002.1.26763 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword BAURAN PEMASARAN,KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 124
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam konsep pemasaran jasa, penilaian tentang produk jasa lebih banyak ditentukan oleh para pemakai jasa. Oleh karena itu evaluasi terhadap pelayanan jasa PT. TELKOM ini perlu dilakukan secara terus-menerus, salah satu caranya dengan menggunakan User – Based Approach (pendekatan konsumen). Pendekatan ini didasarkan pada pemikiran bahwa kualitas tergantung pada orang yang memandangnya, sehingga produk yang paling memuaskan preferensi seseorang (misal Perceived Quality) merupakan produk yang berkualitas paling tinggi. Perspektif yang objektif dan demand – oriented ini juga menyatakan bahwa konsumen yang berbeda memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda pula, sehingga kualitas bagi seseorang adalah sama dengan kepuasan maksimum yang dirasakannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan menggunakan Jasa Telkom dan untuk mengetahui faktor perilaku konsumen yang mempunyai hubungan dan pengaruh dominan dalam pengambilan keputusan menggunakan Jasa Telkom. Hasil – hasil penelitian, setelah diadakan pengujian terhadap Produk, Harga, Tempat, Promosi, People dan Process secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap terhadap Keputusan untuk menggunakan Jasa Telkom. Hal ini dapat dilihat pada nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,755 dengan F hitung sebesar 23,812 sedangkan F tabel sebesar 2,17 pada tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hal tersebut karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel berarti Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4), People (X5), Process (X6) dan Customer Service (X7) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan untuk menggunakan Jasa Telkom (Y). Dari hasil R² (R Square) = 0,755 dapat dikatakan bahwa 75,5% perubahan peubah Y disebabkan oleh perubahan peubah Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4), People (X5), Process (X6) dan Customer Service (X7) secara bersama-sama Keputusan untuk menggunakan Jasa Telkom (Y). Sisanya yang 24,5% atau 0,245 disebabkan oleh peubah lain yang kurang termasuk model dalam penelitian ini. Dari koefisien regresi semua peubah bebas mempunyai pengaruh yang signifikan karena semua t-hitung lebih besar dari pada t-tabel. Dari koefisien regresi peubah Process (X6) mempunyai nilai koefisien sebesar 0,292 artinya bahwa Process berpengaruh dominan terhadap Keputusan untuk menggunakan Jasa Telkom.

 

18.226.96.61