Date: 27-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA PERUSAHAAN ROTI BAROKAH JAYA LAWANG MALANG)

Thesis Detail
Author YONNANDA YOHADI
Student's ID (NPK) K.2002.1.27167 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword BAURAN PEMASARAN,VOLUME PENJUALAN,PERUSAHAAN ROTI
Page(s) 87
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Saat ini persaingan antar perusahaan semakin tajam karena pada umumnya setiap perusahaan berupaya untuk memproduksi barang yang diproduksi secara optimal dan berusaha sebaik mungkin untuk menjual produknya dalam jumlah yang banyak. Tujuan penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan yang dicapai perusahaan dan menghasilkan laba yang maksimum Agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik maka perlu adanya kegiatan pemasaran dengan bauran pemasaran yang baik. Jenis penelitian yang diterapkan adalah studi kasus dengan obyek penelitian di perusahaan roti Barokah Jaya Lawang. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji korelasi berganda, regresi berganda, standart deviasi dan metode least square. Dengan harga, promosi, produksi dan saluran distribusi sebagai variabel bebas dan penjualan sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa harga, promosi, produksi dan saluran distribusi memiliki pengaruh terhadap penjualan sebesar 0,997. Sedangkan determinasi sebesar 0,995 yang berarti kontribusi sebesar 99,5% sehingga sebesar 5% dipengaruhi oleh variabel lain selain keempat variabel yang diteliti. Selanjutnya dengan uji regresi ganda menunjukkan X1 (harga) mempunyai pengaruh yang lebih signifikan atau lebih dominan dengan nilai regresi ganda sebesar 1070594. Sehingga membuktikan bahwa harga mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap volume penjualan. Hasil perhitungan korelasi dan regresi tersebut membuktikan peningkatan biaya bauran pemasaran akan membantu peningkatan penjualan produk. Hal tersebut dibuktikan dengan menurunnya biaya bauran pemasaran tahun 2005. Berdasar hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap penjualan terutama faktor harga dari produk yang dihasilkan dan dijual. Kata kunci : Bauran pemasaran, volume penjualan

 

18.118.120.204